Skip to main content

Cara Menambahkan Musik ke Cerita Instagram Anda

Dihadapkan dengan persaingan yang lebih muda, lebih keren, dan hipper, Instagram melihat tingkat keterlibatannya pada awal 2016. Setelah enam tahun pertumbuhan konstan, pengguna telah menemukan cara untuk mencapai paparan optimal di Instagram dengan sedikit usaha. Akibatnya, mereka tiba-tiba menghabiskan lebih sedikit waktu di peron setiap hari. Untuk kekuatan yang ada, ini adalah sinyal yang jelas bahwa sesuatu harus berubah - dan mengubahnya.

Pengenalan Instagram Stories pada bulan Agustus 2016 mengubah cara orang berbagi acara dari kehidupan sehari-hari mereka dengan pengikut mereka dan membantu Instagram meningkatkan basis penggunanya lebih jauh. Awal tahun ini, tepat ketika platform tersebut melintasi tanda satu miliar pengguna secara global, diumumkan bahwa lebih dari 400.000 orang menggunakan Instagram Stories setiap hari untuk berbagi pembaruan kehidupan. Untuk merayakan ini, Instagram mulai meluncurkan fitur barunya yang memungkinkan pengguna menambahkan lagu favorit mereka ke kisah Instagram mereka.

Menemukan Soundtrack Sempurna untuk Cerita Anda

Selama dua tahun terakhir, Instagram Stories telah berevolusi dari klip mentah berdurasi 15 detik menjadi karya seni bentuk pendek dengan nilai produksi seperti film. Pengguna biasa, pemberi pengaruh, dan pemasar sama sekali telah mulai menaruh banyak pemikiran ke dalam cerita mereka dalam upaya untuk membuat konten berkualitas tinggi yang akan melibatkan pengikut mereka. Dengan fitur baru ini, mereka kini dapat melengkapi visual dan audio dengan lagu dari pustaka Instagram untuk membuat soundtrack sempurna yang akan menangkap suasana cerita mereka.

 Dihadapkan dengan persaingan yang lebih muda Cara Menambahkan Musik ke Cerita Instagram Anda

Penambahan musik untuk Instagram Stories ini telah bekerja untuk sementara waktu. Pada akhir 2017, perusahaan induk Instagram Facebook memperkenalkan Koleksi Suara, perpustakaan lagu bebas royalti dan efek suara yang dirancang khusus untuk para pembuat video. Beberapa bulan kemudian, berita pecah bahwa mereka juga telah menandatangani perjanjian lisensi besar dengan ketiga perusahaan rekaman utama - Universal, Sony, dan Warner - untuk penggunaan musik yang dilindungi hak cipta dalam video buatan pengguna yang dibagikan di Facebook dan Instagram.

Dengan koleksi suara bebas royalti dan kontrak dengan label besar di tempat, Facebook dan Instagram telah membangun perpustakaan yang saat ini terdiri dari ribuan lagu dari beberapa artis paling populer di dunia. Daripada mengizinkan pengguna mengunggah lagu mereka sendiri, Instagram memungkinkan mereka memilih salah satu dari perpustakaan ini dengan mencari artis atau judulnya. Dengan cara ini, pengguna dapat memposting berita dengan bebas tanpa risiko melanggar hak cipta orang lain.

Cara Menambahkan Musik ke Cerita Anda

Seperti semua fitur dalam aplikasi lainnya di Instagram, menambahkan musik ke cerita Anda cukup sederhana dan tidak memerlukan keterampilan teknologi lanjutan. Anda dapat menambahkan musik ke video dan cerita berbasis foto. Sebelum memulai, Anda harus tahu bahwa lagu ditambahkan melalui stiker. Meski tidak terlalu menonjol, stiker ini masih akan terlihat dalam cerita Anda sehingga orang yang menontonnya dapat dengan mudah mengidentifikasi lagu dan artis.

Jika Anda siap menambahkan soundtrack ke kisah Instagram Anda, inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Menambahkan Musik ke Instagram Story Android

Di Android, rekam video atau ambil foto untuk cerita Anda seperti biasanya, lalu ketuk tombol "Stiker". Dari menu pop-up dengan semua opsi stiker Anda, ketuk yang berlabel "Music".

2. Menambahkan Musik ke Instagram Story iOS

Di iOS, Anda dapat memilih untuk merekam cerita Anda sebelum atau setelah menambahkan musik ke dalamnya. Jika Anda memilih yang pertama, ketuk "Stiker" dan kemudian "Musik" seperti di Android. Jika Anda memilih yang terakhir, gesek kanan-ke-kiri di bagian bawah layar Anda dan pilih "Musik" dari menu.

Temukan lagu yang ingin Anda tambahkan ke cerita Anda dengan mengetikkan nama artis dan / atau judul lagu di kotak pencarian di bagian atas layar. Jika Anda tidak yakin tentang lagu apa yang digunakan, Anda juga dapat menjelajahi pustaka musik Instagram. Mengetuk "Populer" akan membuka daftar lagu yang sering ditambahkan oleh pengguna lain ke kisah mereka. Anda juga dapat menelusuri katalog berdasarkan suasana hati seperti "Pesta", "Mimpi", dan "Upbeat". Terakhir, ada opsi untuk menjelajahi koleksi berdasarkan genre.

Setelah menemukan lagu yang ingin Anda gunakan, ketuk lagu itu. Di jendela berikutnya, Anda dapat memundurkan dan memajukan dengan cepat melalui lagu ke bagian yang tepat yang ingin Anda gunakan dalam cerita Anda. Anda juga dapat meninggalkan penggeser di tempatnya, karena algoritme Instagram secara otomatis memilih bagian dari lagu yang menurutnya paling cocok untuk cerita. Ketuk tombol "Putar" untuk mendengar jika berfungsi untuk Anda.

Jika Anda memutuskan untuk merekam cerita Anda setelah Anda memilih soundtrack untuk itu, sekarang adalah waktunya untuk melakukannya. Cukup ambil video atau ambil foto yang Anda inginkan agar lagu yang Anda pilih untuk dimainkan di atas dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah selesai, stiker musik akan muncul di bagian atas video Anda. Seperti semua stiker lainnya, Anda dapat mengetuknya untuk menyesuaikan tampilannya, serta mengubah ukuran, memindahkan, dan memutarnya sehingga tidak mengaburkan bagian penting dari gambar.

Terakhir, Anda dapat lebih lanjut mengubah kisah Anda dengan menambahkan lebih banyak stiker, tagar, pertanyaan, atau GIF animasi. Setelah selesai, publikasikan kisah Anda - dan itu saja. Lagu akan mulai diputar secara otomatis segera setelah pengikut Anda membuka cerita untuk melihatnya.

Lagu Apa Yang Akan Anda Temukan di Pustaka Musik Instagram?

Meskipun ini adalah fitur hebat, pilihan lagu yang tersedia di pustaka musik Instagram mungkin tidak sesuai dengan keinginan semua orang. Daripada membayar untuk melisensikan seluruh katalog digital dari tiga label utama AS, Facebook dan Instagram memilih untuk fokus pada artis populer yang telah memiliki hit chart-topping dalam beberapa tahun terakhir, seperti Bruno Mars, Dua Lipa, Drake, Taylor Swift, dan Rihanna.

Hal ini seharusnya tidak mengejutkan, mengingat fitur (seperti Instagram itu sendiri) dirancang terutama untuk pemirsa muda. Tentu saja, ini tidak berarti bahwa Anda tidak akan menemukan pilihan lagu yang kuat dari tahun 1980-an atau grunge klasik pada 1990-an. Namun, katalog ini tidak terlalu komprehensif seperti pada platform streaming musik seperti Spotify, Apple Music, dan Tidal. Instagram mengklaim bahwa ada "ribuan artis dan lagu" yang tersedia saat ini dan jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah.

Ketersediaan Fitur

Fitur ini tersedia untuk semua pengguna Android dan iOS yang menginstal aplikasi Instagram versi terbaru di ponsel mereka. Pengguna di kedua platform dapat menambahkan musik ke kisah mereka sebagai stiker, tetapi kemampuan untuk memilih lagu sebelum mengambil video hanya tersedia di iOS untuk saat ini.

Karena perjanjian lisensi, layanan ini hanya tersedia di negara tertentu. Daftar ini saat ini terbatas untuk AS, Inggris, Jerman, Australia, Selandia Baru, Prancis, dan Swedia. Ada rencana untuk memperluas fitur ke pasar lain dalam beberapa bulan mendatang.

Instagram menempatkan banyak nilai pada umpan balik pengguna dan itu menunjukkan. Kemampuan untuk menambahkan musik ke Stories adalah salah satu dari beberapa fungsi berguna yang diperkenalkan oleh platform tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Dikombinasikan dengan fitur dan layanan baru lainnya seperti Instagram TV, Boomerang, dan stiker yang dapat dipasarkan untuk bisnis, ini memberi pengguna lebih banyak kekuatan untuk membuat konten menarik yang berbicara kepada audiens target mereka.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar