Cara Gampang Menciptakan Daftar Isi Otomatis Dan Manual Yang Rapi Di Microsoft Word
Sebuah kumpulan artikel, karya tulis, skripsi, proposal, dan laporan-laporan pekerjaan biasanya mempunyai isi yang bervariatif yang sanggup memberi informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.
Isi yang lengkap juga memperlihatkan suatu pengaruh bahwa goresan pena tersebut akan membuat suatu halaman yang begitu banyak atau berlembar-lembar kertas yang terpakai.
Sumber https://www.myavitalia.com/
Suatu sarana atau kreasi yang sanggup membuat fasilitas dalam menemukan suatu bahan atau informasi yang dicari dalam sebuah tuliasan yang tercetak dalam sebuah lembaran-lembaran kertas yang begitu banyak yakni hal yang sangat diperlukan dari para pembacanya.
Untuk memenuhi keperluan dan tuntutan tersebut, yakni hal yang penting dan wajib dalam suatu buku, artikel, skripsi dan sejenisnya untuk membuat suatu sitemap, atau daftar isi.
Daftar isi yakni sebuah navigasi yang berkhasiat untuk menelusur semua bahan yang dicari dalam sebuah kumpulan tulisan. Sehingga Daftar isi harus mempunyai pentunjuk halaman yang sempurna untuk semua judul yang terdapat dalam kumpulan goresan pena tersebut.
Sekilas mata, orang yang sanggup membuat goresan pena atau mengetik di MS Word niscaya sudah sanggup membuat daftar isi tersebut. Hanya dengan mengetikkan judul-judul yang ada , tanda titik-titik, spasi, enter dan nomer halaman dan kemudian disusun secara manual.
Tetapi pada kenyataannya hal tersebut kurang menghasilkan suatu daftar isi yang teratur, terkesan kurang rapi juga niscaya sangat lelah dalam mengerjakannya.
Sebelum muncul MS Office Office 2000 ke atas, pekerjaan membuat daftar isi sanggup dilakukan dengan proses modifikasi pada sajian Format--> Tab ( Cara ini hingga kini masih Populer)
Namun kini Microsoft Word (2000, 2002, 2003, 2007, 2010, 2013, 2016) telah menyediakan sajian khusus yang sanggup dipakai untuk membuat daftar isi baik secara otomatis maupun manual yaitu pada sajian Table of Content.
Untuk MS Word 2000 sajian tersebut terletak di Insert --> Index and Tables
Untuk MS Word 2002, 2003 sajian tersebut terletak Insert --> Reference --> Index and Tables
Dan MS Word 2007 ke atas sajian tersebut terletak Reference -->Table of Conten
Untuk mendukung hal tersebut, bagi anda yang biasa menulis judul secara manual (Huruf di tebalkan (Bold) dan Ukuran goresan pena di perbesar) harus merubah cara penulisan tersebut, yaitu dengan memakai sajian Heading: Heading 1, Heading 2, Heading 3 dan seterusnya.
Heading 1 dimaksudkan untuk memformat Judul Utama, Heading 2 digunakan untuk memformat Sub Judul pertama, Heading 3 dipakai untuk memformat Sub Judul kedua dan seterusnya.
Mengapa demikian? alasannya yakni dalam pembuatan Daftar Isi otomatis, data yang diolah yakni hasil dari analisa level Heading / struktur Judul yang ada pada seluruh goresan pena tersebut
Lalu bagaimana cara pengimplematasikan pembuatan Daftar isi tersebut?
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word
1. Tentukan terlebih dahulu semua jenis judul yang berada pada artikel atau tulisaan anda, baik itu Judul Utama (Heading 1), ataupun Sub Judul (Heading 2, 3, 4 dst)
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
➮Untuk Judul Utama silahkan di blok dahulu kemudian di format dengan Style Heading (Home--> Style-->Heading1),
Selanjutnya anda sanggup membuat Rata tengah dengan mengklik simbol "center" dan modifikasi huruf (Font), serta Ukuran Huruf (Font Size).
➮Selanjutnya kita ubah Sub Judul tersebut , silahkan di blok dahulu kemudian ubah dengan format dengan Style Heading (Home--> Style-->Heading2)
2. Setelah semua urusan Judul dan sub judul didalm goresan pena atau makalah tersebut beres, Sekarang saatnya kita membuat daftar isi tersebut yang sanggup memunculkan halaman secara otomatis berdasarkan analisa Heading dan Sub Heading
Caranya:
➮ Tentukan halaman kosong untuk membuat daftar isi tersebut
➮ Lalu pilih References ----> Table of Contens. Terdapat 2 pilihan gaya daftar isi otomatis, anda sanggup pilih berdasarkan selera anda (Automatic Table 1 atau Automatic Table 2)
3. Selanjutnya, hasil akan membentuk daftar isi secara otomatis. Nomor halaman akan muncul dengan otomatis, titik-titik penghubung judul ke nomer halaman terlihat lebih rapi.
Untuk Judul Table of Content atau Content, bisa anda edit sendiri baik tulisan, warna, letak tengah kiri atau kanan sesuai harapan anda.
Cara Membuat Daftar Isi Manual di MS Word
Setelah cara otomatis kita pelajari, di sajian ini terdapat juga pilihan untuk membuat daftar isi secara manual. Menu pembuatan secara manual tersebut memperlihatkan laba dalam hal kebebasan memilih judul, dan nomor halaman sesuai yang anda inginkan.
Disamping kelebihan tersebut, cara manual juga membutuhkan ketelitian yang lebih dalam hal ketepatan dalam memilih Judul dan halaman biar selalu sinkron/ sesuai.
Dalam proses pembuatan secara otomatis, untuk nomor halaman disetiap halamannya tidak harus selalu di tampilkan dalam proses pembuatan daftar isi tersebut.
Sedangkan untuk manual, sangat dianjurkan untuk menampilkan nomer pada setiap halaman artikel atau makalah tersebut. alasannya yakni fungsinya untuk melihat secara manual dalam memilih kecocokan antara judul dah halaman yang ditempati.
Berikut Langkah / Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual
Langkahnya awal hampir sama dengan pembuatan table otomatis, hanya berbeda pemilihan tablenya saja. Preference---> Table Of Contens--> pilih pilihan ke 3 (Manual Table)
Setelah hasil bentuk table bawaan yang manual tersebut. Anda hanya perlu mengeditnya satu-per satu.
- Tulisan Judul default tersebut sanggup di hapus dan diganti dengan judul sesuai harapan anda
- Angka-angka yang sudah ada sanggup anda ganti sesuai penomoran halaman pada judul yang diinginkan.
- Untuk menambah daftar isinya, anda cukup copy dan paste, daftar isi tersebut ke bab selanjutnya sehabis judul di atas yang telah terisi tadi
Dengan mengikuti salah satu dari dua cara di atas, semoga kini anda sanggup membuat daftar isi dengan mudah, rapi dan teratur.
Terimakasih