Skip to main content

Jenis-Jenis Keturunan Dan Keluarga Microcontroller

Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller - Penggunaan microcontroller di lingkungan kita sehari-hari sudah niscaya sering digunakan, misalnya Smartphone. Pada smartphone terdapat rangkaian yang memakai Microcontroller sebagai otak dari smartphone tersebut, Sebelum mengenal lebih jauh wacana microcontroller,  "apa itu microcontroller?". Mendengar microcontroller sudah tidak absurd lagi kiprahnya di dunia elektronika, pasalnya rangkaian elektro yang sudah mempunyai pengabdian tinggi dalam ilmu pemrograman niscaya membutuhkan sebuah microcontroller. Pengertian dari microcontroller itu sendiri adalah Sebuah Chip yang mempunyai Fungsi Seperti komputer. Chip ini banyak digunakan pada sistem otomasi. dengan adanya Chip ini kita sanggup lebih gampang untuk melaksanakan sebuah pekerjaan yang berat. Seiring perkembangan zaman, penggunaan Microcontroller semakin luas, bisa digunakan pada Trafick Light, Jam Digital dan Tentu saja dalam pembuatan Robot.

Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller  Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller

Microcontroller dalam pengaplikasian di dunia robotika digunakan sebagai otak pada robot. yang mengendalikan actuator, Sound dan masih banyak lagi, Berikut ini ada beberapa jenis keluarga microcontroller yang telah hadir. Dan setiap microcontroller sendiri mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

JENIS-JENIS MICROCONTROLLER

Kalau dilihat secara teknis, Microcontroller tergolong menjadi 2 jenis.

1. CISC (Complex Instruction Set Computer) Jenis yang ini mempunyai instruksinya lebih lengkap, namun fasilitasnya lebih sedikit

2. RISC (Reduced Instruction Set Computer) merupakan jenis yang mempunyai aba-aba yang terbatas, namun mempunyai kemudahan yang lebih banyak

Penjualan microcontroller banyak sekali jenis dan macamnya, Microcontroller yang beredar dipasaran biasanya ada 3 keluarga besar dari microcontroller itu sendiri, yaitu :

1. AVR
AVR merupakan microcontroller yang mempunyai Jenis RISC 8 Bit. AVR jenis microcontroller yang paling sering diguanakan dalam rangkaian elektro maupun pembuatan pada robot, dengan bentuknya yang kecil dan mungil menyerupai sebuah chip membuatnya sering digunakan untuk banyak sekali kebutuhan. Bisa dilihat pada gambar dibawah, bentuk yang kotak dan tergolong dalam komponen SMD sanggup menciptakan sebuah rangkain menjadi kecil dan tidak memakan tempat. Hal ini yang di pertimbangkan dalam dunia elektro untuk menciptakan sebuah rangkaian.

Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller  Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller

Secara umum, terdapat 4 kelas dari AVR. Setiap kelas mempunyai fungsi, Memory dan peripheral yang berbeda-beda, diantara 4 kelas tersebut yaitu ATTiny, AT90Sxx, ATMega dan AT86RFxx, Untuk dikalangan pasaran, biasanya yang sering ada di antar 4 kelas tersbeut yaitu ATMega yang terdapat pada Arduino.

2. PIC 
PIC (Programmable Interface Controller), Setelah berkembangnya sebuah PIC. Pertama yang dilakukan oleh devisi Mikroelektronik General Instrumets dengan Nama PIC1640 menciptakan PIC menjadi lebih berkembang. Penggunaan PIC sangat terkenal digunakan oleh penghoby elektro alasannya ialah biaya PIC sendiri cukup murah, terjangkau dan penggunaannya cukup luas. Untuk pemrogramannya sendiri biasanya dilakukan melalui komputer. Biasanya penggunaan PIC sendiri mempunyai ketahanan dan kekuatannya, sering digunakan untuk aplikasi lebih besar menyerupai Industri.

Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller  Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller

3. INTEL MCS51
Dilihat dari teknisnya, microcontroller ini termasuk dalam CISC (Complex Instruction Set Computer). Pada awal kemunculannya dirancang untuk aplikasi chip tunggal. Namun, Mode sudah diperluas dengan kapasitas ROM luar sebesar 64 KB dan RAM luar sebesar 64 KB. kemudian terdapat 2 jalur yang berbeda pada microcontroller ini. Yaitu jalur agenda dan jalur data. Karena kemampuan yang dimiliki oleh MCS51, biasanya diterapkan dalam penggunaan PLC.

Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller  Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller

Mungkin cukup sekian pembahasan kita wacana jenis-jenis komponen microcontroller, untuk lebih jelasnya atau ada saran maupun pertanyaan bisa comment pada kolom dibawah, jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya ya.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
3 Macam Komponen Pembentuk Pada Robot
 Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot
 Pengenalan Jenis-Jenis dan Macam Baterai Pada Robot
 Komponen Utama Pada Robot

Sumber http://siddix.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar