Skip to main content

Cara Melihat Google Street View Indonesia Via Android

Google melaunching layanan Google Street View semenjak Agustus 2014 di Indonesia. Layanan pemetaan jalanan dengan rangkaian foto panoramik 3D meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Surabaya, dan Denpasar. Plus obyek-obyek wisata eksotis, menyerupai persawahan di Ubud, Bali atau terumbu karang di Pulau Komodo.

Namun begitu kota menarik lainnya menyerupai Bandung, Malang, Palembang, Magelang, Purwokerto, Semarang, Jogjakarta, Cilegon, Makasar, Bali (selain Denpasar) dan kota-kota lain belum terekam oleh google streetview, hanya empat kota besar menyerupai yang telah disebutkan. Namun dengan fitur ini, mungkin kedepannya wikimapia akan tertinggal alasannya fiturnya tidak selengkap google maps.

Update 2016 :
  1. Google Streetview melalui Google Cultural Institute telah merambah 11 candi di Jawa Tengah dan Daerah spesial Yogyakarta (DIY). Termasuk didalamnya yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sari, Candi Sewu, Candi Barong, Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Sambisari. Selain itu juga proyek Museum Nasional yang sudah akibat dan juga situs Manusia Purba Sangiran, serta beberapa tempat wisata (termasuk pantai) terpopuler di Indonesia.
  2. Kota besar lainnya juga telah terekam, menyerupai contohnya Kota Serang. Dengan begitu teman lebih gampang dalam mencari peta jalan serang banten terbaru termasuk serang timur, serang barat, dan tempat lainnya di Kota Serang.

Google melaunching layanan Google Street View semenjak Agustus  Cara Melihat Google Street View Indonesia via Android
Hasil Capture Bundaran HI Dengan Streetview Google Maps
Buat teman yang mungkin belum tahu, Google Street View yaitu bab dari google maps, yang menciptakan kita sanggup "berjalan-jalan" secara virtual di jalan yang telah direkam kamera kendaraan beroda empat google street view (google street view car). Yang tadinya kita hanya sanggup melihat foto photo sphere ataupun melihat melalui satelit dengan google earth, sekarang sanggup melihat foto 360 derajat secara utuh.

Untuk sanggup memakai fitur ini, smartphone android Sobat harus mempunyai koneksi internet baik melalui WiFi maupun paket data internet. Untuk aplikasinya, teman tidak perlu repot menginstal alasannya baik google maps maupun Street View yaitu termasuk aplikasi bawaan smartphone android. Namun semoga lebih baik, teman sebaiknya mengupdate dua aplikasi tersebut.
Sementara jikalau teman sudah menghapusnya alasannya dianggap membebani kerja hp android sobat, teman sanggup menginstalnya melalui playstore. Selain itu teman juga sanggup mengaksesnya melalui laptop / pc ataupun dengan download apk google street view. Agar gampang berikut link download di google playstore (klik link berikut).
Download Google Maps Terbaru di Store Play Store
Download Street View Terbaru di Google Play Store

Cara Mengakses Google Streetview Indonesia

Setelah dua aplikasi tersebut terinstal pada hp android sobat, buka aplikasi Google Maps, kemudian pilih jalan yang ingin dilihat di peta, sanggup secara manual dengan menggeser-geser peta ataupun dengan menulis jalan yang teman tuju di kotak pencarian.
Google melaunching layanan Google Street View semenjak Agustus  Cara Melihat Google Street View Indonesia via Android
 Capture Google Maps

Kalau sudah ketemu, tekan agak usang pada jalan yang mau teman lihat hingga pin merah ikon Dropped Pin Google Maps muncul. Setelah itu nama jalan akan muncul di layar. Kemudian geser ke bawah pada jalan yang muncul tersebut, teman akan menemukan foto dengan goresan pena "Street View" dibagian bawah. Klik foto tersebut dan Sobat sudah sanggup melihat secara tidak pribadi area di sekitar jalan tersebut.

Google melaunching layanan Google Street View semenjak Agustus  Cara Melihat Google Street View Indonesia via Android
 Capture Google Maps

Dengan adanya Google Streetview ini, teman tidak akan khawatir lagi kalau mau berpergian ke suatu tempat yang belum pernah teman kunjungi. Karena selain teman mendapat petunjuk arah melalui google maps, teman juga sanggup mengetahui “ancer-ancer” atau penanda dimana teman mesti berbelok, menyerupai apa tempat yang teman tuju dan sebagainya. Bahkan kalau teman sedang malas keluar rumah, fitur ini sanggup menjadi hiburan menarik untuk browsing pemandangan wilayah-wilayah yang direkam google street view.

(Tambahan) Tur Gratis ke Museum Secara Virtual

Selain Google Street View, untuk sanggup menikmati wisata virtual yang lebih menyenangkan lagi, teman juga sanggup membuka Google Cultural Institute (tadinya berjulukan Google Art Project) melalui browser (buka www.google.com/culturalinstitute).

Melalui Google Cultural Institute, teman sanggup melihat ruang-ruang koleksi museum secara panoramik (360 derajat). Untuk musem Indonesia, gres Museum Nasional Indonesia atau yang biasa disebut dengan Museum Gajah saja yang tergabung. Namun sayangnya meski sudah berjalan semenjak 2011 silam, kerjasama tersebut belum akibat hingga ketika ini (masih berjalan, pengumpulan gambar untuk layanan Street View gres dikerjakan tahun ini).

Demikianlah goresan pena WebKeren mengenai Cara Mengakses Google Streetview Indonesia. Bagaimana pendapat sobat? Silakan ketik di kolom komentar untuk membuatkan dengan teman lainnya. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar