Skip to main content

Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menentukan Cms

Sistem administrasi konten, yang lebih dikenal sebagai CMS, yaitu perangkat lunak yang Anda jalankan di server Anda sendiri untuk menangani dan mempublikasikan semua konten situs web Anda dengan mudah, dari file HTML, gambar, dll.

CMS menciptakan proses memperbarui dan mengunggah konten Anda jauh lebih sederhana dan mudah, plus itu memberi Anda bonus pelengkap untuk sanggup dengan gampang menciptakan situs web dinamis dan otomatis.

Memilih sistem administrasi konten yang tepat untuk dipakai mungkin yaitu salah satu hal terbaik yang sanggup Anda lakukan untuk situs web Anda, tetapi Anda harus tahu faktor apa yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menciptakan keputusan selesai Anda.

Pertanyaan-pertanyaan penting

Mungkin terdengar ibarat langkah yang bijaksana untuk mengintegrasikan CMS ke dalam acara administrasi Web Anda, tetapi jangan menciptakan keputusan menurut detail itu saja. Anda perlu mencari tahu banyak sekali hal terlebih dahulu. Tanyakan pada diri Anda apakah saya benar-benar membutuhkan CMS?

Situs web apa yang akan saya pasang / sudah saya miliki? Apakah ini blog, toko online, situs web berita, atau galeri gambar?

Apakah pembaruan situs web dan proses pemeliharaan ibarat ketika ini dan bagaimana cara membuatnya menjadi lebih efisien?

Apakah perbaikan lebih lanjut dan fitur yang akan tiba di situs, ibarat alat interaktifitas, papan pesan, atau bahkan film Flash, bekerja dengan baik dengan CMS?

Apa elemen lain dari situs web saya yang seharusnya sanggup ditangani oleh CMS saya?

Yang penting yaitu mengetahui bagaimana situs web Anda sanggup memperoleh manfaat dari CMS dan bagaimana CMS sanggup merampingkan administrasi Web untuk grup Anda. Setelah Anda menetapkan apa jenis kemampuan yang Anda cari, maka Anda sanggup mulai aktif menentukan CMS Anda.

Komersial vs open source vs. custom-made

Salah satu persoalan pertama yang harus dihadapi pengembang Web yaitu jenis CMS apa yang harus mereka pilih, dan pertanyaan pertama yaitu apakah akan memakai CMS yang diproduksi secara komersial, CMS sumber terbuka gratis yang tersedia untuk diunduh secara online, atau mempunyai programmer rumah menciptakan CMS dari awal. Masing-masing mempunyai fitur dan kelebihan unik, tetapi juga dilengkapi dengan masalah-masalah problematiknya sendiri.

Sistem administrasi konten komersial cenderung menciptakan pengembang menyusut kembali lantaran label harganya seribu dolar, itulah sebabnya mengapa hanya nama-nama terbesar dalam bisnis yang cenderung menentukan CMS komersial. New York Times, JP Morgan Chase, ScotiaBank, dan Sun Microsystem hanyalah beberapa dari perusahaan yang situs webnya bekerja dengan CMS komersial. Bagian terbaik perihal CMS komersial yaitu Anda bisa mendapat pembaruan rutin, plug-in baru, dan mempunyai sumbangan teknis reguler yang bekerja untuk Anda. Sayangnya, tidak gampang untuk melaksanakan modifikasi yang mungkin ingin Anda lakukan pada sistem.

CMS sumber terbuka cenderung menjadi favorit berat dengan pengembang situs web individual lantaran gampang diunduh, dipasang, dan dijalankan. Ada CMS open-source di luar sana yang memenuhi fungsi tertentu, ibarat yang menargetkan situs blog atau toko online.

Tantangan utama memakai open-source CMS yaitu kenyataan bahwa mereka tidak selalu cenderung menjadi sistem yang sangat stabil. Programmer biasanya menyebarkan mereka di samping, dan ini tidak menjamin bahwa sistem akan diperbarui secara bersiklus atau diperbaiki lantaran mungkin pengembangan perangkat lunak sanggup tidak boleh atau dilanjutkan tergantung pada impian pencipta.

Banyak perusahaan juga menentukan untuk mempunyai CMS sendiri yang dikembangkan sendiri, atau mereka sanggup menyewa perusahaan pengembangan untuk membangunnya. Ini menguntungkan lantaran memungkinkan fleksibilitas dan sanggup mengintegrasikan kebutuhan yang sangat spesifik dari sebuah situs web. Anda juga akan sanggup dengan bebas mengakses instruksi sumber, menciptakan perubahan yang diperlukan, dan mengintegrasikan penambahan ke CMS. Namun, mungkin terbukti lebih memakan waktu daripada sekadar membeli atau memasangnya, ditambah Anda mungkin juga perlu tim khusus untuk menyebarkan dan menguji fungsionalitasnya dan melaksanakan migrasi situs sepenuhnya.

Faktor CMS lainnya

Itu tidak berhenti di situ. Setelah Anda tahu untuk tujuan apa CMS akan digunakan, fitur apa yang Anda butuhkan, dan apa yang Anda inginkan untuk situs web Anda, Anda kemudian harus menentukan faktor-faktor lain. Faktor-faktor ini mungkin termasuk bagaimana ramah pengguna itu, yang orang-orang di tim Anda akan menggunakannya, kesederhanaan penggunaannya untuk anggota non-teknis dari tim Anda, kemampuannya menangani beban situs web Anda, dan kapasitasnya untuk menyediakan banyak sumbangan dan dokumentasi, di antara pertimbangan lain.

Tempat berburu CMS

Setelah Anda mengetahui CMS jenis apa yang Anda pikirkan, saatnya bagi Anda untuk keluar dan mulai mencari yang tepat untuk situs web Anda. Ada banyak situs yang menunjukkan saran CMS, perbandingan, tips, dan gosip perihal produk yang akan tiba serta pembaruan untuk sistem yang ketika ini ada di pasar.

Situs ibarat Builder.com dan CMSWatch.com sediakanlebih dari cukup informasi pada subjek yang The CMS Matrix (www.cmsmatrix.org) memungkinkan Anda untuk melaksanakan pencarian CMS yang tepat untuk kebutuhan Anda, dan Anda bahkan akan melihat daftar lengkap CMS yang aktif ketika ini di situs web.

Anda mungkin juga ingin eksklusif ke pengembang CMS untuk berguru perihal cara kerja sistem mereka dan mengusut halaman demo mereka juga. Anda juga sanggup melihat melalui situs-situs web desain dan pengembangan perusahaan, lantaran banyak dari mereka juga membangun sistem administrasi konten dengan merek mereka dan biasanya menunjukkan panduan dan sumbangan luas.

Membuat pilihan CMS yang tepat itu sendiri sanggup menjadi proses yang panjang, tetapi tidak diragukan lagi layak untuk meluangkan waktu untuk memahami semua yang sanggup dilakukan CMS untuk situs web Anda.


Sumber https://mejapedia.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar