Skip to main content

Cara Sempurna Menurunkan Demam Anak Pada Malam Hari

Dunia anak yakni dunia bermain. Keceriaannya menjadi prioritas utama bagi orangtua, namun itu berubah ketika kita mendapati kondisi anak kejang demam.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kejang demam yakni kejang terjadi pada kenaikan suhu tubuh 38 derajat Celsius atau lebih, ini disebabkan proses di luar otak. Sebagian besar kejang demam terjadi pada usia 6,5 bulan hingga 5 tahun.

Demam sanggup disebabkan bisul kuman maupun virus, contohnya bisul kanal napas pecahan atas. Mencakup pengertian bahwa demam merupakan reaksi normal tubuh yang bermanfaat melawan kuman. Artinya Demam sendiri merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi, ini tanda bahwa tubuh sedang berusaha memerangi virus atau kuman yang menginfeksi anak.

Walaupun demikian, hal tersebut jangan dianggap remeh dan kita perlu mengatasi secara sempurna semoga demam pada anak sesegera mungkin terobati atau teratasi. Pengobatan awal sebagai langkah santunan pertama dalam mengobati panas tinggi bersama-sama sanggup dilakukan dirumah dengan metode berbahan obat-obatan alami. kemudian bagaimana cara menurunkan demam tinggi di malam hari?silahkan simak langkah-langkahnya.

 Keceriaannya menjadi prioritas utama bagi orangtua Cara Tepat Menurunkan Demam Anak pada Malam Hari


1. Jangan lakukan Tirah baring Pada Anak 

Memaksakan anak demam untuk tirah baring tidak efektif, tidak disenangi dan mengganggu secara psikologis. Suatu penelitian kontrol-kasus dari 1082 anak dengan demam, ditemukan bahwa tirah baring tidak menurunkan suhu secara signifikan.

 Keceriaannya menjadi prioritas utama bagi orangtua Cara Tepat Menurunkan Demam Anak pada Malam Hari


Tirah baring (bahasa Inggris: bed rest) yakni perawatan kedokteran yang melibatkan berbaringnya pasien di daerah tidur untuk suatu jangka yang sinambung. Aktifitas fisik yang tinggi sanggup meningkatkan suhu tubuh anak dengan demam dan tanpa demam. Walaupun demikian, pergerakan anak yang demam selama acara normal tidak cukup mengakibatkan demam.


2. Kompres Anak dengan air hangat - Tepid sponging

Tepid merupakan suatu kompres/sponging dengan air hangat. Penggunaan kompres air hangat di lipat ketiak dan lipat selangkangan (inguinal) anak selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas tinggi dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.


3. Berikan Pengobatan herbal yang sesuai untuk mengatasi demam

Pengobatan herbal menyerupai homeopati, terapi herbal, aromaterapi, akupuntur, refleksiologi, pijat, shiatsu, kiropraktik, osteopati dan penyembuhan spiritual belum terbukti secara ilmiah sanggup menurunkan demam. Namun beberapa diantara kita meyakini dengan memakai ramuan tradisional menyerupai memakai bawang merah ataupun bawang putih sanggup mengatasi panas demam pada anak.


4. Jangan Panik

Kepanikan sering terjadi ketika kita menghadapi untuk mengobati tubuh anak panas tinggi terutama dikala malam hari. Perlu diketahui kalau anak demam namun tampak tenang-tenang saja, masih sanggup makan, minum dan bahkan bermain, ia tidak perlu diberikan obat penurun panas. Berikan saja air minum yang banyak. Namun kalau ia mulai gelisah serta tidak nyaman, berilah obat penurun panas menyerupai parasetamol sesuai dosis. jadi sebaiknya jangan panik lantaran makin kita panik tidak akan mengobati panas demam dan kejang mereka.



5. Pertimbangkan Menggunakan Bawang Merah untuk mengatasi panas Anak dan Bayi


Faktanya memang benar bahwa bawang merah mempunyai sifat yang sanggup melebarkan pembuluh darah. Oleh alasannya yakni itu, pijatan ini sanggup saja membantu menurunkan suhu tubuh anak. Namun perlu digarisbawahi bahwa bawang merah juga sanggup menciptakan iritasi pada kulit anak, terutama pada anak yang mempunyai kulit sensitif. Selain itu, kadang anyir bawang juga sanggup menciptakan anak merasa tidak nyaman. Padahal kenyamanan anak dikala demam sangatlah penting. Makara perimbangkan kembali apabila ingin melaksanakan cara menurunkan panas anak yang tinggi dengan cara-cara tersebut.

Tidak hanya itu mencampurkan bawang merah serta minyak telon bersama-sama merupakan cara tradisional yang memang sudah dikenal di masyarakat untuk mengobati kembung. Tetapi bersama-sama cara-cara itu hanya menghangatkan saja bukan menyembuhkan. Maka sebaiknya hindari mengusapkan gabungan bawang merah dan minyak kayu putih atau minyak telon ke kulit bayi. Apabila ingin menunjukkan kehangatan bagi perut bayi sanggup dengan memakai baby oil atau dengan diusap air hangat sebagai obat penurun panas bayi 0-6 bulan. Itu akan lebih aman.


6. Jangan Kompres Dengan Air dingin

Kompres cuek yang tidak direkomendasikan atau dilarang dilakukan dikala mengatasi demam lantaran sanggup meningkatkan sentra pengatur suhu (set point) hipotalamus, menjadikan tubuh menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh. Kompres cuek menjadikan pembuluh darah mengecil (vasokonstriksi), yang meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, kompres cuek menjadikan anak merasa tidak nyaman.


Tentu saja selain tips-tips diatas, masih banyak cara menurunkan demam pada anak di malam hari namun penting untuk dicatat bahwa selalu lakukan konsultasi kedokter keluarga semoga mendapat tips efektif dan terbaiknya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar