Skip to main content

Pangalaman Menciptakan Blog Dari Smartphone Hingga Diterima Google Adsense.

Artikel Kali ini hanyalah sebuah cerita ihwal pangalaman pribadi saya dalam dunia blogging yaitu mulai dari menciptakan blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan hingga di terima dan mendapatkan sebuah akun google adsense. Artikel ini saya tulis lantaran terinspirasi dari sebuah pertanyaan sahabat di lembaga IAPD (Indonesian AdSense Publisher Discussion). Pertanyaannya menyerupai ini "Apakah Bisa Membuat Blog Dari Hp". Nah disinilah timbul niat saya untuk menulis artikel ihwal ini. Kenapa? Karena saya sendirilah rujukan orang yang pada mulanya mengenal apa itu blog dan melaksanakan kegiatan blogging mulai dari awal hingga dikala ini hanya memakai satu-satunya hp android yang saya miliki. Dan hal ini saya lakukan hingga dikala kini artikel ini saya tulis dan terbit di blog ini.

Kegiatan blogging ialah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena dengan blogging kita sanggup menulis dan memberikan segala ide serta pangalaman kita kepada orang lain lewat artikel-artikel yang kita publikasikan. Banyak laba yang kita dapatkan melalui kegiatan blogging, salah satunya ialah kita bisa berguru untuk menulis dan berusaha untuk mengolah kata serta kalimat dengan baik supaya apa yang kita sampaikan muda di pahami dan di mengerti oleh orang lain. Ini berdasarkan saya hal yang paling susah, apalagi nice blog kita yang membahas ihwal tutorial. Karena kita harus berusaha memberikan tips trick di artikel kita dengan bahasa yang sesederhana mungkin, supaya artikel kita muda di cerna oleh pembaca. Ini tidak muda lho.. gan. Terus terang bahwa, pertama kali saya menciptakan sebuah blog, saya resah apa yang harus saya tulis di blog ini. Karena pada dasarnya saya ialah orang yang malas untuk nulis yang panjang-panjang, apalagi kemampuan saya dalam olah kata boleh di bilang sangat terbatas. Tetapi saya tidak frustasi hingga disini, walaupun kemampuan olah kata saya sangat terbatas, serta alat untuk menunjang acara blogging saya cuman sebuah hp android biasa, namun saya tetap semangat menjalankan acara blogging hingga kini ini. Dan muda-mudahan akan terus berlanjut.

Terus terang kawan, bahwa ngeblog memakai hp android itu gampang-gampang susah. Gampang lantaran kita bebas menulis dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan kita, alasannya ialah android ialah sebuah perangkat yang ukurannya sangat kecil dan bebas kita bawah kemana-mana. Dan kesulitan yang saya hadapi selama ini yaitu kita tidak leluasa untuk menulis dan melaksanakan modifikasi terhadap template blog yang kita gunakan. Karena ukuran layar smartphone yang tergolong kecil menciptakan kita harus ekstra sabar untuk melaksanakan semuanya. Lalu apakah ngeblog lewat hp itu susah banget? Tidak juga sob! Kuncinya ialah anda harus sabar dan sabar untuk melakukannya, usang kelamaan anda akan terbiasa untuk melakukannya juga.

cerita ihwal pangalaman pribadi saya dalam dunia blogging yaitu mulai dari menciptakan blog  Pangalaman Membuat Blog Dari Smartphone Sampai Diterima Google AdSense.
Gambar Milik Pribadi.

Tips Membuat Blog Dari Hp Atau Smartphone.

Sebelum saya lanjutkan artikel ini ke tips atau trik ngeblog memakai smartphone, sedikit saya lanjutkan kisah saya ihwal asal mula saya mengenal dunia blogging supaya teman-teman lebih bersemangat untuk melakukannya.

Awal saya mengenal dunia blogging sekitar tahun 2015. Dan pada dikala itu saya tertarik menciptakan sebuah blog bermula dari adik saya yang mengenalkan blog buatanya ke saya lewat sebuah link yang di kirimkan melalui facebook. Terus terang bahwa pada dikala itu saya ingin tau dan pingin tau, bagaimana caranya menciptakan blog itu? Tanpa pikir panjang pribadi buka browser di smartphone untuk mencari informasi ihwal cara menciptakan blog. Dan pada alhasil saya berhasil menciptakan sebuah blog, namun blog yang saya buat pada dikala itu hanyalah sebuah blog yang menyajikan download musik mp3. Tetapi saya sangat bersyukur, lantaran dari blog itulah saya tau ihwal segala hal yang bekerjasama dengan blog. Membuat sebuah blog itu sangat simpel gan, tetapi berbagi blog supaya jadi besar ialah suatu hal yang cukup sulit. Banyak faktor yang memilih apakah sebuah blog itu berhasil atau tidak.

Nah, untuk melaksanakan kegiatan blogging, jikalau anda tertarik untuk memulainya memakai sebuah smartphone yang anda miliki, maka ada beberapa tips yang perlu anda ketahui. Dan ini cukup penting untuk memperlihatkan akomodasi buat anda dalam melaksanakan acara blogging nantinya.

▪️ Hp Atau Smartphone. 
Memulai kegiatan blogging memakai smartphone, tuntunya anda harus mempunyai sebuah smartphone. Tidak perlu smartphone itu mahal atau tidak, pada dasarnya ialah smartphone yang anda gunakan mempunyai ukuran layar yang cukup besar sehingga anda lebih leluasa untuk melaksanakan blogging. Disini ukuran layar smartphone yang saya sarankan ialah 5.5 Inci - 6 Inci. Jika ada yang lebih besar lagi, maka itu akan lebih baik. Seperti tablet dengan ukuran layar 7 Inci misalnya. Karena apabila ukuran layar smartphone yang anda gunakan cukup kecil, maka sanggup dipastikan bahwa anda akan kesulitan. 

▪️ Browser. 
Setelah anda berhasil menciptakan sebuah blog, maka langkah selanjutnya ialah mengisi blog tersebut dengan goresan pena atau artikel. Nah, untuk menulis artikel diblog disini saya sarankan untuk memakai browser google chrome. Sebenarnya browser lain juga sah-sah saja, tetapi akan lebih baik jikalau memakai google chrome, lantaran browser ini mempunyai tampilan mobile dan dekstop yang sangat akurat sehingga anda bisa melihat tampilan blog anda versi dekstop walaupun memakai sebuah smartphone.

▪️ Keyword. 
Aktivitas blogging ialah acara menulis. Untuk menciptakan sebuah goresan pena atau artikel postingan di blog, maka kita akan membutuhkan sebuah keyword yang baik supaya semakin meningkatkan kelancaran kita dalam menciptakan sebuah artikel. Maka anda harus mencari keyword yang pas untuk di gunakan. Disini saya tidak menyarankan keyword apa yang harus anda gunakan, namun sebaiknya carilah keyword yang benar-benar anda merasa nyaman dan mempunyai fitur-fitur yang lengkap.

Nah untuk lebih jelasnya, maka anda bisa membaca artikel yang pernah saya buat ihwal ini, lewat link di bawah ini.


Sampai disini maka saya pikir bahwa anda sudah bisa mengambil keputusan sendiri untuk melaksanakan kegiatan blogging atau tidak. Karena untuk memulainya tergantung bagaimana niat dari diri kita sendiri. Artikel ini saya lanjutkan dengan kisah ihwal pengalaman menciptakan blog dari smartphone hingga mendaftar dan di terima oleh google AdSense juga melalui smartphone.

Membuat Blog Dari Smartphone, Dan Mendaftarkan Ke Google AdSense Juga Dari Smartpone Dan Diterima. 

Mulanya mengenal dunia blogging tidak terlintas sedikitpun, kalau dengan blog kita bisa menghasilkan uang recehan. Awal  saya mengetahui ihwal ini ketika saya sedang browsing di sebuah situs web untuk mencari tutorial ihwal bagaimana caranya melaksanakan meningkatkan secara optimal seo terhadap sebuah website atau blog. Dan di situ saya melihat ada sebuah artikel dengan topik  yang membahas ihwal "Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang Dari Blog". Spontan rasa ingin tahu saya mulai timbul dan saya pribadi membaca artikel tersebut. Setelah mengetahui informasi yang ada, tanpa pikir panjang saya pribadi daftarkan blog yang saya buat yaitu sebuah blog mp3 ke google adsense.



Tahu apa jadinya gan? Ternyata blog yang saya ejekan di tolak mentah-mentah oleh google adsense dengan email kepada saya bahwa blog yang anda daftarkan tidak sesuai dengan kebijakan acara kami. Dan itu ialah kebodohan saya pada dikala itu, lantaran tidak membaca telebih dahulu kebijakan acara dari google adsense itu sendiri. Setelah dari situ maka timbulah niat di hati saya untuk menciptakan sebuah blog baru, dan blog tersebut nantinya akan saya isi dengan goresan pena atau artikel. Akhirnya sayapun menciptakan sebuah blog gres dan blog tersebut ialah blog yang ada dikala ini.

Pertama kali saya menciptakan blog ini, saya resah artikel apa yang seharusnya saya tulis. Tetapi oleh lantaran pada dikala itu saya bergabung di sebuah komunitas yang membahas ihwal android, maka saya pikir bahwa sebaiknya pangalaman yang ada saya himpun dan menjadikannya sebuah artikel supaya bisa bermanfaat juga buat orang lain. Setelah berjalan sekitar tiga bulanan dan blog masih berisi 15 buah artikel, saya beranikan diri untuk mengajukan ke google adsense. Dan hasil yang saya dapatkan dari pengajuan pertama untuk blog ini ialah saya di tolak, dengan alasan konten tidak memadai. Saya coba perbaiki lagi semua isi artikel di blog ini, sembari menambah jumlah postingan. Dan hingga pada jumlah postingan blog mencapai 25 buah, saya coba ejekan kembali namun hasilnya masih juga nihil. Di tolak dan di tolak lagi. Waduhh, capek rasanya.

Kedua kalinya di tolak oleh google adsense, saya berhenti untuk melaksanakan kegiatan blogging selama kurang lebih dua minggu. Karena pada dikala itu saya merasa sudah cukup lelah. Dan alhasil saya kembali buka dasbord blogger dan di situ saya melihat bahwa trafic blog saya semakin meningkat. Disinilah semangat saya timbul kembali. Semangat bukan untuk mendaftarkan blog ke google adsense, tetapi semangat untuk mengupdate artikel kembali. Saya buat lagi artikel untuk blog ini hingga dari 25 buah bertambah menjadi 39 buah artikel. Disitu saya mulai mencoba untuk ejekan kembali ke google adsense, tetapi masih juga ditolak dengan alasan yang sama. Sudah genap tiga kali di tolak, dan saya pikir adsense mungkin bukan untuk saya. Akhirnya saya berpaling dan mencari alternatif lain selain google adsense. Pada dikala itu saya mendaftarkan website saya ke Adnow dan Proppeler Ads. Setelah saya pasang instruksi iklan dari kedua layanan iklan tersebut, saya berfikir bahwa adanya iklan popup di blog ini akan menciptakan pengunjung blog terganggu. Tetapi apa mau di kata, AdSense selalu menolak untuk mendapatkan saya jadi saya abaikan saja hal itu. Saya tetap pasang iklan tersebut di blog hingga tiga bulan lamanya.

Suatu ketika entah apa sebabnya kok saya tiba-tiba berkeinginan untuk mendaftarkan kembali blog ini ke google AdSense. Tanpa pikir panjang saya copot semua instruksi iklan yang ada di blog saya dan mengajukan kembali ke google AdSense. Tetapi pengajuan kali ini saya tidak menaruh impian yang tinggi untuk di terima. Sifatnya hanya sekedar iseng-iseng saja. Selang dua hari sehabis pengajuan, tanpa sengaja saya memakai hp milik istri untuk melihat website apakah template yang saya gunakan tampilannya responsive di semua perangkat. Dan ternyata sehabis saya buka, slot-slot iklan yang mulanya hanya blank hitam, terdapat iklan-ikalan google AdSense. Hampir tidak percaya saya pada dikala itu. Dengan perasaan campur aduk antara bahagia dan was-was, saya buka kotak masuk email di smartphone saya. Dan ternyata ada email pemberitahuan dari google AdSense, bahwa akun saya telah di setujui sepenuhnya.

cerita ihwal pangalaman pribadi saya dalam dunia blogging yaitu mulai dari menciptakan blog  Pangalaman Membuat Blog Dari Smartphone Sampai Diterima Google AdSense.
Gambar Milik Pribadi.

Di atas itu ialah bentuk email penolakan dan di terima oleh google AdSense. Setelah mendapatkan email bahwa di terima oleh google AdSense, perasaan saya bahagia Dan besar hati bercampur jadi satu. Senang lantaran saya telah mempunyai sebuah akun AdSense, dan besar hati lantaran blog ini saya berdiri hanya memakai sebuah smartphone android sederhana. Untuk teman-teman yang hendak menciptakan sebuah blog memakai smartphone, janganlah khawatir alasannya ialah saya yakin anda niscaya akan bisa melakukannya. Inti dari semuanya ini ialah anda harus sabar serta punya kemauan yang tinggi untuk melakukannya.

Demikianlah artikel ihwal pangalaman saya pada awal mengenal dunia blogging dan melakukannya memakai sebuah smartphone sederhana hingga di terima menjadi publisher google Adsense. Mudah-,mudahan kisah singkat di artikel ini menjadi inspirasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar