Skip to main content

Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Tune Up Mobil

masing kendaraan yang dipakai untuk beroperasi Pengertian, Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Tune Up Mobil - Pada masing-masing kendaraan yang dipakai untuk beroperasi, usang kelamaan kondisi pada kendaraan terutama performanya akan semakin menurun. Oleh alasannya yaitu itu pada setiap kendaraan yang dipakai wajib untuk melaksanakan perawatan secara rutin. Perawatan dalam kurun waktu tertentu dan di lakukan secara rutin disebut dengan Tune Up  atau biasa disebut dengan service berkala. Untuk membahas lebih lanjut perihal fungsi dan tujuannya, harus paham terlebih dahulu pengertian dari Tune Up tersebut.

Pengertian Tune Up
Sebelum mengetahui lebih lanjut kata dari Tune Up. Maka harus mengetahui terlebih dahulu arti dari "Tune" dan "Up". Tune berarti menyetel, mengatur. Sedangkan Up berarti atas. Secara umum pengertian tersebut kalau digabungkan dari asal katanya yaitu suatu pekerjaan yang biasanya dilakukakn secara rutin dan sanggup berupa pemeriksaan, pengukuran, penyetelan, perawatan sampai mengganti komponen kalau ada komponen yang perlu di perbaiki yang bertujuan untuk memaksimalkan perfirma mesin kendaraan.

Memberikan Tune Up kendaraan secara rutinakan menunjukkan pengaruh yang baik. Diantara tujuan dan fungsi dari Tune Up kendaraan yaitu :

1. Memaksimalkan Performa Mesin
Salah satu fungsi Tune Up pada kendaraan yang pertama yaitu memaksimalkan performa mesin. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa kendaraan yang terus digunakan, lama-kelaman akan menurunkan performanya, sehingga dengan melaksanakan pekerjaan Tune Up akan berdampak meningkatnya atau performa pada mesin menjadi maksimal.

2. Menghindari kerusakan yang lebih parah
Selain untuk memaksimalkan permorma mesin, fungsi lain dari Tune Up adalah untuk menghindari dari kerusakan komponen-komponen mesin yang laiinya agar kerusakan tersebut tidak parah. Pada dikala kondisi mesin sudah menurun dan komponen mesin kendaraan beroda empat harus diganti atau disetel kembali namun pemilik kendaraan beroda empat tidak melaksanakan Tune Up. maka hal tersebut akan menciptakan komponen mesin akan semakin rusak.

3. Memastikan Semua Kondisi Mesin dalam Kondisi Baik
Fungsi dari Tune Up yang ke tiga adalah, memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan yang baik sesuai dengan nilai spesifikasi yang artinya kendaraan selalu siap kapan saja ketika akan dipakai kembali.

Contohnya, ketika akan menghidupkan kendaraan cukup sekali melaksanakan Starter langsung hidup dan tidak perlu melaksanakan Starter berulang-ulang.

4. Menghemat Biaya Perawatan Kendaraan
Fungsi lain yang ke lima yaitu menghemat biaya untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. Hal tersebut perlu dilakukan lantaran dengan melaksanakan Tune Up secara terencana sanggup menghindari resiko komponen mesin kendaran laebih parah. Ketika komponen pada mesin rusak parah, tentunya anda memerlukan biaya yang besar untuk menggantinya

5. Menghindari Mesin yang Mati Secara Mendadak
Hal ini sangat penting untuk melaksanakan Tune Up karena pada dikala anda sedang melaksanakan perjalanan memakai kendaraan beroda empat anda, takutnya pada dikala dijalan nantinya mesin kendaraan beroda empat anda mati secara mendadak dan sanggup menjadikan kemacetan yang parah.

6. Menjaga Kondisi Mesin Supaya Tetap Awet
Fungsi yang terakhir yaitu untuk menjaga kondisi mesin tetap awet. Perawatan kendaraan yang dilakukan secara rutin akan menciptakan kondisi komponen mesinnya sanggup berumur lebih usang dibandingkan dengan kendaraan yang jarang melaksanakan perawatan

***

Sumber http://siddix.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar