Perbedaan Kaliper Rem Radial Dan Rem Axial
Perbedaan Kaliper Rem Radial dan Rem Axial - Rem merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan otomotif, baik roda 2 maupun roda 4. Sebenarnya ada banyak jenis rem yang dipakai oleh kendaraan roda 2 dan roda 4, mulai dari rem yang menggunaka cakram dengan sistem hidrolik maupun pneumatik dan ada yang memakai rem tromol dengan sistem mekanik. Pada kesempatan kali ini, aku akan membahas mengenai rem yang ada pada kerndaraan roda 2, yakni perbedaan antara kaliper rem radial dan rem axial, Sebenarnya perbedaan dari kedua kaliper rem ini merupakan ilmu usang yang gres saja aku ketahui sesudah melihat dan mengetahui eksklusif dari teman saya. Saya pun gres memahami ke dua perbedaan dari keliper axial dan radial. Untuk memantapkan ilmu tersebut, banyak acuan yang aku dapatkan dari website yang membahas ke dua jenis kaliper tersebut. Untuk menunjukkan pemahaman mengenai ke dua jenis kaliper tersebut atau mungkin masih ada yang resah mengenai ke dua jenis kaliper tersebut. Yuk eksklusif kita bahas bersama-sama.
Tipe kaliper yang satu ini banyak di adopsi oleh kendaraan pada umumnya. Seperti pada gambar di atas, secara sederhana untuk mengetahui mengenai kaliper axial sanggup dilihat dari baut kalipernya. Baut yang melekat kaliper ke kaki shock ada di sampung. Selain itu pada konstruksi mounting kalipernya tegak dengan arah putaran cakram / Ban. Untuk kekurangan dari kaliper ini terkadang terdapat vibrasi kalau rem dipakai berkali-kali dalam jangka waktu yang lama. Untuk kelebihannya sendiri, jenis kaliper rem axial lebih umum dipakai dan harganya lebih murah.
2. Kaliper Radial
Jenis kaliper radial identik dengan kendaraan moge (motor gede), bagi yang paham, penerapannya atau modifikasi kaliper rem ini sanggup menciptakan gembira pemiliknya, alasannya intinya moge-moge tahun 2000 ke atas, sudah memakai sistem kaliper radial pada kaliper plus shock-nya.
Untuk bentuknya sendiri sanggup dilihat pada gambar dibawah ini, dibandingkan dengan kaliper axial, baut pada kaliper radial menempel/ mengikat ke Shock yang ada pada bab depan/ atas. Keunggulan dari arah kuncian baut searah dengan putaran cakram untuk mengurangi vibarsi dan mengoptimalkan proses pengereman. Untuk kelemahannya sendiri harga yang di tawarkan untuk kaliper ini cuup mahal.
Kesimpulan
Kalo dilihat dari fungsinya, kedua jenis kaliper ini fungsinya sama-sama untuk mengerem. Namun untuk kenyamanan berdasarkan aku lebih nyaman memakai kaliper radial. Gimana berdasarkan anda mengenai ke dua jenis kaliper tersbeut? eksklusif Comment di bawah ya!, Salam Automotive.
Sumber http://siddix.blogspot.com/
Kalo dilihat dari fungsinya, kedua jenis kaliper ini fungsinya sama-sama untuk mengerem. Namun untuk kenyamanan berdasarkan aku lebih nyaman memakai kaliper radial. Gimana berdasarkan anda mengenai ke dua jenis kaliper tersbeut? eksklusif Comment di bawah ya!, Salam Automotive.
***