Skip to main content

Dampak Ganti Domain Blog

Dampak Mengganti Domain Sebuah Blog Menjadi TLD DAMPAK GANTI DOMAIN BLOG
Apakah ganti domain akan berdampak pada jumlah visitor? Mungkin pertanyaan inilah yang paling sering muncul sebelum beralih ke domain sendiri atau TLD (Top Level Domain). Apakah itu domain .com yang lebih populer, domain .id sebagai identitas blog dari Indonesia, atau mungkin .net, .org dan yang lainnya. Apa saja imbas sehabis ganti domain?

- Pertama, Nama blog menjadi lebih simple, inilah imbas positifnya. Berbeda saat kita masih memakai .blogspot.com di mana URL blog lebih panjang, dengan beralih ke TLD tentu URL blog menjadi lebih pendek, lebih gampang diingat dan tentunya kelihatan lebih bagus. Lalu apakah blog dengan domain sendiri artikelnya sanggup berada di halaman pertama Google? Tentu saja jikalau artikelnya berkualitas, alasannya yaitu tak sedikit blog yang masih memakai .blogspot.com sanggup bersaing dengan blog TLD dan sanggup tampil di page one Google.

- Kedua, Jika anda seorang Publisher Adsense, blog yang anda daftarkan sudah TLD (akun Non-Hosted), anda sanggup memasang iklan adsense di blog lain yang memakai TLD dan blogspot, berbeda dengan .blogspot.com (akun Hosted) iklan tidak sanggup dipasang di blog TLD, untuk proses review sampai diterima Adsense juga lebih cepat dengan memakai TLD.

- Ketiga, dari segi pengunjung sebenarnya tidak akan berkurang banyak, mengapa? Karena artikel yang tampil di mesin pencari saat dibuka otomatis akan dialihkan ke domain gres kita, dan lama-kelamaan yang asalnya .blogspot.com akan mulai bermetamorfosis domain sendiri kurang lebih membutuhkan waktu 1-2 bulan dan akan kembali normal, yang tentunya blog harus disubmit ulang ke mesin pencari. Sitelink yang anda sanggup dari Google untuk sementara akan hilang, tapi tidak usah khawatir nanti juga akan muncul kembali.

- Keempat, tentu anda memiliki beban alasannya yaitu harus membayar biaya sewa domain tiap tahun, namun kalau dihitung-hitung sebenarnya tidak terlalu mahal, untuk .com harga di kisaran 120-130 ribu pertahun, domain .id tidak mengecewakan agak mahal sekitar 250 ribu pertahun, harga tersebut hampir sama di semua penyedia domain, jikalau ada yang menunjukkan harga lebih murah, itu hanya bayar pertama saja (harga promo) untuk pertama daftar sampai satu tahun ke depan, sedangkan untuk biaya perpanjangan tiap tahun harganya semua hampir sama, kalau tidak percaya silakan cek harga di semua penyedia domain, alasannya yaitu kebetulan 3 blog saya sewa domain di penyedia domain yang berbeda.

Bagaimana jikalau blog kita sudah TLD kemudian akan diganti dengan TLD yang lain? Ini yang berdasarkan saya agak repot, menyerupai blog saya ini yang awalnya .id, sebulan sebelum expired kemudian diganti menjadi .com, perubahan drastis terjadi, visitor turun drastis. Tapi tidak usah khawatir berlebihan alasannya yaitu ini hanya sementara saja, untuk selanjutnya akan kembali normal menyerupai semula.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan sehabis ganti domain?

Setelah domain sukses diganti, anda harus submit ulang ke Google, Bing, Yahoo dan search engine lainnya. Untuk caranya silakan lihat di sini, sudah saya tulis dengan lengkap beserta gambarnya.

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar