Skip to main content

Pembagian Hadis Mutawatir

بسم الله الرحمن الرحيم
Pada artikel saya sebelumnya sudah ditulis mengenai Pengertian dan Syarat PEMBAGIAN HADIS MUTAWATIR
Pada artikel saya sebelumnya sudah ditulis mengenai Pengertian dan Syarat-syarat Hadis Mutawatir, dan kali ini perihal Pembagian Hadis Mutawatir.

1. Mutawatir Lafdi, ialah hadis yang mutawatir lafad dan ma'nanya, menyerupai hadis

من كذب علي متعمدا فليتبوأ مقعده من النار

Barangsiapa yang sengaja berdusta atas namaku, maka hendaklah dia berkemas-kemas menempati kawasan duduknya dari neraka.

Hadis tersebut diriwayatkan oleh lebih dari 70 sahabat.

2. Mutawatir Ma'nawi, ialah Hadis yang ma'nanya mutawatir tetapi lafadnya tidak, menyerupai hadis perihal mengangkat kedua tangan saat berdo'a. Hadis ini diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW kurang lebih mencapai 100 hadis yang isinya menjelaskan perihal mengangkat kedua tangan saat berdo'a, tetapi dalam kasus / kasus yang berbeda-beda, dan setiap dari kasus / kasus tersebut belum mencapai mutawatir. Hadis tersebut jadi mutawatir sebab adanya beberapa jalan dan persamaan hadis tersebut ialah mengangkat kedua tangan.

Keberadaan Hadis Mutawatir itu banyak, namun kalau dibandingkan dengan hadis minggu jumlahnya sedikit. Seperti hadis perihal telaga, hadis mengusap Khuf, hadis mengangkat kedua tangan dalam shalat, Hadis agar Allah memper-elok orang yang mendengar perkataanku....

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar