Skip to main content

Pengertian Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak (Software) - Komputer tanpa software sama saja tidak berguna, Bahkan saat kamu membaca artikel ini kamu sedang menggunakan software, oleh karena itu bagi bagi orang yang sudah mengenal komputer maka dia pasti sudah mengenal software. Yang pertama kali mengenalkan istilah software adalah John W. Tukey pada tahun 1957. Dalam istilah umum software adalah semua program yang dijalankan di komputer. Kali ini akan mengupas tuntas apa itu software.

1. Pengertian Software

Software, Perangkat lunak atau piranti lunak adalah sebuah program komputer yang menyambungkan antara User melalui perangkat kerasnya dengan Komputer itu sendiri. Istilah mudahnya Perangkan lunak akan menterjemahkan instruksi pengguna komputer dari hardware ke komputer itu sendiri.

2. Jenis - Jenis Perangkat Lunak

Software dibagi atas 2 Fungsi yaitu Perangkat lunak sistem dan perangkat lunak Aplikasi.

A. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem adalah inti dari semua program, tanpa program ini maka perangkat lunak aplikasi tidak akan bisa berjalan. Perangkat lunak sistem inilah yang langsung berinteraksi dengan pengguna, Perangkat lunak sistem meliputi.

1. Operating Sistem (Sistem Operasi)
Sistem Operasi adalah yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer merek. Sistem Operasi meliputi Windows, Linux, IOS, Freebsd, Macintosh dan lain-lain.

2. Program Utilitas
Program utilitas biasanya berfungsi menjaga kesehatan pada komputer dan tidak heran program ini sering disebut pelengkap dari Sistem Operasi, Program utilitas ini meliputi, Antivirus untuk menjaga komputer dari virus, Cleaner Untuk membersihkan file yang tidak berguna pada komputer seperti History, File Temp dan lain-lain

3. Program Pemograman
Program inilah yang membuat program pada komputer yang berisi instruksi yang dimengerti komputer untuk diterjemahkan menjadi tugas dari software tersebut. bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: low level language (contohnya bahasa Assembly), middle level language (contohnya bahasa C dan C++), dan high level language (contohnya bahasa BASIC dan Pascal).

B. Perangkat Lunak Aplikasi

Program Sistem memang penting namun ada yang tidak kalah pentingnya yaitu perangkat lunak aplikasi, yang diperuntukan untuk mengerjakan tugas spesifik kita, Berikut ini Perangkat lunak aplikasi yang umum bagi kita.
  • Perangkat lunak pengolah kata
Yang merupakan software dengan tugas mengolah kata seperti pada Naskah, Surat Menyurat dan lain lain, Contoh dari Perangkat lunak ini adalah Microsoft Word, dan masih banyak lagi.
  • Perankat lunak pengolah angka
Perangkat ini hampir sama dengan pengolah kata namun, yang data yang diolah dalam software ini adalah Angka dengan cepat dan tepat. Contoh dari Perangkat lunak Pengolah angka ini adalah, Microsoft Excel, Dan lain - lain.
  • Perangkat Lunak Pengolah Presentasi
Sesuai namanya program ini berfungsi untuk presentasi, yang biasanya mengolah Slide agar mudah di tayangkan pada proyektor. Contoh dari Software Presentasi salah satunya adalah Microsoft Powerpoint.
  • Perangkat Lunak Pengolah Data
Perangkat lunak ini berfungsi mengolah data yang besar dengan tepat, cepat dan akurat dalam membuat, menyunting, dan menginput data seperti Database, Contoh dari aplikasi pengolah data ini adalah Microsoft Acces, dan lain lain.
  • Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Perangkat lunak ini berfungsi sebagai Editing Gambar maupun grafis, Contoh dari Perangkat Lunak Pengolah Gambar, antara lain Corel Draw, Photoshop,Macromedia Freehand, dan lain-lain.
  • Perangkat Lunak Pengolah Audio Video
Perangkat lunak ini berfungsi sebagai Editing Pada Suara Maupun Video, Software ini biasa dipakai dalam perfilman sebagai editing video. Contoh dari Perangkat Lunak Pengolah Audio Video, antara lain Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, dan lain - lain.
  • Perangkat Lunak Pengolah Website
Perangkat lunak ini berfungsi sebagai pembuat maupun mengedit website, Program ini dimaksudkan agar mengedit website dapat dilakukan dengan cepat, serta memiliki fitur Hyperlink maupun HTML. Contoh dari aplikasi pengolah website ini antara lain Adobe Dreamweaver. Dan masih banyak lain.
  • Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet
Ini adalah aplikasi yang sedang kamu gunakan sekarang, dengan kata lain aplikasi ini menyambungkan kamu dengan dunia internet, contoh dari aplikasi Ini adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Internet explorer, Microsoft Edge, Safari dan lain - lain.
  • Perangkat Lunak Pengolah Bisnis Dan Keuangan
Program ini bertujuan untuk menampilkan data keuangan dengan akurasi yang tepat. contoh program aplikasi bisnis dan keuangan, yaitu MYOB, UPS, VQ Payroll, Simply Accounting, dan lain-lain.

Oke itulah Pengertian dari Software (Perangkat Lunak) Semoga dapat bermanfaat, Jika kamu memiliki saran silahkan tulis di kolom komentar, dan jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share, Terimakasih

Sumber http://panduanedu.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar