Skip to main content

Ciri Munafik

بسم الله الرحمن الرحيم
Orang munafik ialah orang yang lahirnya beriman tetapi hatinya kufur CIRI MUNAFIK
Orang munafik ialah orang yang lahirnya beriman tetapi hatinya kufur. Mengaku Islam padahal hatinya membenci Islam. Mengaku beriman kepada Al-Qur'an tetapi hatinya ingkar dan tidak mau mematuhi perintah Al-Qur'an. 

ومن الناس من يقول امنا بالله وباليوم الأخر وماهم بمؤمنين

Di antara insan ada yang menyampaikan : "Kami beriman kepada Allah dan hari akhir, padahal mereka itu seseungguhnya bukan orang-orang yang beriman (QS. Al-Baqarah : 8).

Silakan lihat ayat selanjutnya surat Al-Baqarah dari ayat 8 di atas hingga ayat 20 yang membahas perihal keadaan orang munafik.

Tanda-tanda orang Munafik

1. Suka Berbohong, Berkhianat dan Ingkar Janji

Rasulullah SAW bersabda

اية المنافق ثلاث : اذا حدث كذب واذا وعد اخلف واذا ائتمن خان

Tanda-tanda orang munafik ada tiga : Apabila bicara berdusta, apabila berjanji ingkar dan apabila dipercaya berkhianat (HR. Bukhori dan Muslim).

اربع من كن فيه كان منافقا خالصا , ومن كانت فيه خصلة منهن كانت فيه خصلة من النفاق حتى يدعها : اذا حدث كذب واذا وعد اخلف واذا عاهد غدر واذا خاصم فجر

Ada empat perkara, barangsiapa yang di dalam dirinya terdapat keempat kasus tersebut berarti dia ialah seorang munafik sejati, dan barangsiapa yang dalam dirinya terdapat salah satu di antaranya, berarti dia menyandang sifat munafik hingga dia meninggalkannya, yaitu : Apabila berbicara berdusta, apabila berjanji ingkar, apabila bersumpah melanggar dan apabila bersengketa curang (HR. Bukhori dan Muslim).

Termasuk tanda orang munafik ialah orang malas mengerjakan shalat, Allah SWT berfirman

 ان المنافقين يخادعون الله وهو خادعهم , واذا قاموا الى الصلوة قاموا كسالى يراءون الناس ولا يذكرون الله الا قليلا

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka bangun untuk shalat mereka bangun dengan malas, mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali (QS. An-Nisaa : 142).

Orang munafik ialah orang yang menipu Allah, mereka malas mendirikan shalat, adapun mereka mau shalat alasannya ialah riya bukan alasannya ialah ingin menerima rido dari Allah. Silakan lihat artikel tentang Riya dan Cirinya.

Tempat Bagi Orang-orang Munafik

ان المنافقين في الدرك الأسفل من النار ولن تجد لهم نصيرا

Sesungguhnya orang-orang munafik (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kau sekali-kali tidak akan menerima seorang penolongpun bagi mereka (QS. An-Nisaa : 145).

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar