Skip to main content

Pengertian Wifi, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya-Pernahkah terbayang dalam benar sahabat ibarat apa bentuk dari sinyal wifi atau pernah terpikirkan bagaimana sebuah wifi sanggup berkerja menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya ke internet?, Nah pada artikel kali ini admin lembaga komuter akan membahas secara detail, lengkap dan terperinci mengenai pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya, berikut penjelasannya.
Pernahkah terbayang dalam benar sahabat ibarat apa bentuk dari sinyal wifi atau pernah terp Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya

Pengertian Wi-fi.
Secara umum wifi ialah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "Produk jaringan wilayah lokal nirkabel apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers  802.11". Meski begitu, alasannya kebanyakan WLAN zaman kini didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" digunakan dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".

Sebuah alat yang sanggup menggunakan Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital) sanggup terhubung dengan sumber jaringan ibarat Internet melalui sebuah titik kanal jaringan nirkabel. Titik kanal (atau hotspot) ibarat itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot sanggup meliputi wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi, ini sanggup dilakukan dengan menggunakan beberapa titik kanal yang saling tumpang tindih.

"Wi-Fi" ialah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang menggunakan keluarga standar IEEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menuntaskan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh menggunakan nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED". (Wikipedia).

Sejarah perkembangan wi-fi.
Secara singkat, sejarah perkembanagn wi-fi sanggup dijabarkan dalam beberapa poin berikut :

  1. 1997 : Dibentuk sebuah jaringan wireless berjulukan 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
  2. 1999 : Muncul Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. Namun masih mempunyai kelemahan, yaitu frekuensi operasi yang berada dalam angka 2,4 GHz, yang juga banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga ibarat panggangan microwave, sehingga gampang terganggu sinyalnya.
  3. 2003 : Muncul Wireless G dengan kecepatan transfer data maksimal 54 Mbps. Masih beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.
  4. 2009 : Muncul Wireless N, mendukung kecepatan transfer data sampai 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Jangkauan lebih luas dibandingkan sinyal Wireless G.
  5. 2014 : Muncul Wireless AC yang mempunyai kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Beroperasi di frekuensi 5GHz.


Fungsi Wi-fi.
Secara garis besar, fungsi wi-fi sanggup dijabarkan kedalam poin berikut ini :


  • Penghubung Perangkat Komputer Dalam Jaringan.

Fungsi Wifi yang satu ini merupakan yang utama, dengan menggunakan wifi sahabat sanggup dengan gampang untuk menghubungkan komputer, smartphone serta perangkat mobile lainnya dengan sistem jaringan. Dengan menggunakan jaringan Wifi, sahabat komputer sanggup dengan gampang menambah dan mengurangi perangkat - perangkat yang akan dihubungkan kedalam jaringan.


  • Sharing Data Dan Internet.

Fungsi jaringan Wifi yang satu ini cukup membantu sahabat komputer dalam menuntaskan pekerjaan. Sobat sanggup bertukar data dan membuatkan kanal internet dengan cukup gampang tanpa menggunakan kabel data.


  • Membuat Modem Dari Smartphone.

Untuk sanggup mengakses internet sahabat komputer niscaya membutuhkan perangkat jaringan yang disebut dengan modem baik itu modem ADSL atau modem portable. Akan tetapi bagaimana jika sahabat komputer tidak mempunyainya dan hanya mempunyai perangkat smartphone. Dengan teknologi Wifi yang ada di smartphone, sahabat sanggup mengakibatkan smartphone sebagai modem dan membagikan kanal internet ke perangkat laptop atau smartphone yang lain dengan cukup mudah.


  • Akses Internet Lebih Stabil.

Fungsi Wifi yang satu ini merupakan dambaan kita semua, dengan menggunakan Wifi kita sanggup menikmati kanal internet lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler. Asalkan masih dalam jangkauan signal Wifi.

Cara kerja Wi-fi.
Seperti perangkat ponsel, sebuah jaringan Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan info ke dalam jaringan. Komputer yang mempunyai adaptor nirkabel akan menerjemahkan data yang telah dikirim dalam bentuk sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan ditransmisikan melalui antena, menuju decoder yang dikenal sebagai router. Begitu sinyal tersebut diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet melalui sambungan Ethernet. 


Karena jaringan nirkabel ini merupakan jaringan dua-arah, data yang diterima dari jaringan internet juga akan melewati router . Tujuannya untuk dikodekan ke dalam bentuk sinyal radio, yang akan diterima oleh perangkat adaptor nirkabel dari sebuah komputer. 

Gambar sinyal wifi yang tertangkap kamera.


Pernahkah terbayang dalam benar sahabat ibarat apa bentuk dari sinyal wifi atau pernah terp Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya

Pernahkah terbayang dalam benar sahabat ibarat apa bentuk dari sinyal wifi atau pernah terp Pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya

Semoga artikel kali ini bermanfaat buat pembaca blog lembaga komputer ini, terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar