Skip to main content

Keutamaan Ayat Kursi

بسم الله الرحمن الرحيم

Ketika ayat dingklik diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW KEUTAMAAN AYAT KURSI
Ketika ayat dingklik diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak 70 ribu malaikat menyertainya alasannya yaitu mengagungkan ayat kursi, aneka macam keutamaan dan khasiat dari ayat kursi, dalam suatu hadis dikatakan :

اعظم اية في القران اية الكرسي
من قرأ اية الكرسي عقب كل صلاة لم يمنعه من دخول الجنة الا الموت

Ayat yang paling agung di dalam Al-qur'an ialah ayat kursi. Barangsiapa yang membaca ayat dingklik setiap selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk nirwana kecuali mati.

Dalam satu riwayat dikatakan :

من قرأ ها عند النوم لم يقر به شيطان تلك الليلة

Barangsiapa yang membaca ayat dingklik saat akan tidur, maka setan tidak akan menetap dengannya pada malam itu.

Apabila kita akan tidur maka setanpun ikut tidur bersama kita jikalau tidak berdo'a sebelum tidur, atau saat akan makan setan juga ikut makan, sama halnya jikalau pasangan suami isteri berhungan jikalau tidak diawali dengan berdo'a maka setanpun ikut menggauli, makanya paling tidak berdo'a dengan mengucapkan Bismillah terlebih dahulu.

Keutamaan Ayat Kursi
1. Barangsiapa yang membacanya setiap selesai shalat lima waktu, maka beliau dipelihara hingga tiba waktu shalat yang lain, dan tidak ada yang membiasakan membaca ayat dingklik kecuali Nabi, Orang-orang yang benar dan para Syuhada.
2. Barang siapa yang membaca ayat dingklik sebelum tidur, maka beliau dijaga dua malaikat hingga waktu subuh
3. Barangsiapa yang membaca surat Al-mu'min dari awal hingga kalimat "ilaihir masir" dan membaca ayat dingklik  di waktu pagi, maka ayat tersebut menjadi penjaga hingga waktu sore, dan begitupun sebaliknya jikalau dibaca waktu sore menjadi penjaga hingga waktu pagi.
4. Barangsiapa yang membaca ayat kursi, maka Allah mengutus malaikat untuk menuliskan kebaikan baginya dan menghapus kesalahannya hingga waktu esok.
5. Barangsiapa yang membiasakan membaca ayat dingklik saat di dunia, maka itu merupakan tanda kebahagiaan di alam abadi dan keselamatan dari kefasikan dan kemunafikan (hanya orang munafiq dan fasiq yang tidak mau membiasakan membaca ayat kursi).
6. Barangsiapa yang membaca ayat dingklik setiap selesai shalat lima waktu, maka dibukakan baginya pintu-pintu surga, beliau masuk nirwana dari pintu yang mana saja yang ia kehendaki.
7. Barangsiapa yang membaca ayat dingklik setiap selesai solat lima waktu, maka Allah memperlihatkan kepadanya hati-hati yang senantiasa bersyukur, amal-amalan para siddiqin, pahala para Nabi, diberikan rahmat, dan tidak ada yang sanggup menghalanginya masuk nirwana kecuali mati, maka apabila ia mati akan masuk surga.
8. Barangsiapa yang membaca ayat dingklik setiap selesai shalat lima waktu, maka beliau akan diberikan pahala orang-orang yang bertaqwa dan amal-amalan para siddiqin.

Banyak sekali keutamaan-keutamaan dari ayat dingklik yang sudah dijelaskan oleh para 'Ulama, aku tidak sanggup menuliskannya satu persatu, namun biasakanlah membacanya paling tidak 1x sesudah shalat fardu atau kalau mau 17x dan juga sebelum tidur dengan niat mengharap ridha Allah SWT.

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar