Skip to main content

Komunikasi Data



Komunikasi data yakni merupakan bab dari telekomunikasi yang secara khusus  berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan gosip diantara komputerkomputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti gosip yang disajikan oleh arahan digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat gosip alasannya yakni sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer sanggup berkomunikasi satu sama lain.


Komponen Komunikasi Data
  1. Pengirim, yakni piranti yang mengirimkan data
  2. Penerima, yakni piranti yang mendapatkan data
  3. Data, yakni gosip yang akan dipindahkan
  4. Media pengiriman, yakni media atau kanal yang dipakai untuk mengirimkan data
  5. Protokol, yakni aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.
Sinyal Analog
Sinyal analog yakni sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa gosip dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh arahan analog yakni amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk arahan analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa menurut analisis fourier, suatu sinyal analog sanggup diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus. Dengan memakai sinyal analog, maka jangkauan transmisi data sanggup mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini gampang terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus mempunyai tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.
  1. Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.
  2. Frekuensi yakni jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.
  3. Phase yakni besar sudut dari sinyal analog pada ketika tertentu.
Sinyal Digital
Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang sanggup mengalami  perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya mempunyai dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak gampang terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital.  Sebuah bit sanggup berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit yakni 2 buah (21), berupa 00,01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit yakni sebesar 2n buah. Kemungkinan nilai untuk 2 bit yakni sebanyak 4 (22)

Protokol
Protokol yakni sebuah hukum yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, contohnya mengirim pesan, data, gosip dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi akseptor supaya komunikasi sanggup berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua sistem sampai pada dilema koneksi listrik. Standar protokol yang populer yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).

Berikut Merupakan Modul Lengkap Tentang Materi Komunikasi Data , Semoga Bermanfaat...



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar