Skip to main content

Utusan Najran Tiba Kepada Rasulullah Saw

بسم الله الرحمن الرحيم

Artikel lanjutan
Bagian 2-18

1. Pada tahun ke 10 kenabian sesudah Nabi SAW keluar dari Syi'ib, datanglah utusan kaum Katolik dari Najran (Najran ialah suatu negeri yang berada di antara Makkah dan Yaman).

2. Telah hingga kepada mereka (utusan Najran) kabar wacana Nabi Muhammad SAW dari orang-orang yang hijrah ke Habsyah, mereka (utusan Najran) berjumlah 20 orang laki-laki, utusan Najaran menyaksikan sifat-sifat Nabi SAW sebagaimana yang tertulis dalam kitab mereka.

3. Rasulullah SAW membacakan Al-Qur'an kepada mereka (utusan Najran), maka merekapun beriman.

4. Abu Jahal mencela mereka lantaran masuk Islam seraya berkata : "Kami tidak melihat penunggang kuda terbelakang dari kalian, kaum kalian mengutus kalian, kalian mengetahui isu wacana pria ini kemudian kalian berpindah agama!". Maka berkatalah mereka kepada Abu Jahal : "Semoga kau menerima keselamatan, kami tidak menganggap kau bodoh, bagimu apa yang kau pilih dan bagi kami apa yang kami pilih". Lalu turunlah surat Al-Qosos ayat 52-55 yang artinya :

"Orang-orang yang telah Kami datangkan kepada mereka Al-Kitab sebelumnya Al-Qur'an, mereka beriman (pula) dengan Al-Qur'an itu".

"Dan apabila dibacakan (Al-Qur'an itu) kepada mereka, mereka berkata : "Kami beriman kepadanya". Sesungguhnya Al-Qur'an itu yaitu suatu kebenaran dari Tuhan kami, bergotong-royong kami sebelumnya yaitu orang-orang yang membenarkannya".

"Mereka diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan sebagian dari apa yang telah Kami berikan rezeki kepada mereka, mereka nafkahkan".

"Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfa'at, mereka berpaling daripadanya dan mereka berkata : "Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil". 

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar