Skip to main content

Abu Thalib Wafat

بسم الله الرحمن الرحيم


Artikel lanjutan
Bagian 2-20

1. Sesudah Siti Khadijah wafat, sebulan lalu pamannya yaitu Abu Thalib juga wafat, Rasulullah SAW bersedih atas wafatnya Abu Thalib.

2. Tahun itu dinamakan 'Aamul-huzni yaitu tahun sedih cita, alasannya yaitu dia kehilangan isteri dan pamannya.

3. Adapun Abu Thalib meyakini kebenaran yang dibawa Rasul, hanya saja Abu Thalib tidak mengucapkan dua kalimah syahadat hingga kahir hayatnya alasannya yaitu takut celaan kafir Quraisy.

4. Tatkala itulah turun surat Al-Qosos ayat 56 yang artinya "Sesungguhnya kau tidak akan sanggup memberi petunjuk kepada orang yang kau cintai, tetapi Allah yang memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mendapatkan petunjuk". Kita memohon kepada Allah supaya Allah meringankan siksaannya.

Menurut 'Ulama mahir tafsir, surat Al-Qosos ayat 56 turun saat Abu Thalib akan wafat, Rasulullah SAW menuntun Abu Thalib untuk mengucapakan Laa ilaaha illallaahu, namun Abu Thalib tidak mau hingga dia meninggal, waktu inilah surat Al-Qosos ayat 56 turun yang menjelaskan hanya Allah-lah pemberi petunjuk.

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar