Skip to main content

Arsitektur Dan Organisasi Komputer - Read Only Memory ( Rom )


Read Only Memory ( ROM )

ROM abreviasi dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya sanggup dibaca. ROM tidak sanggup digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu sanggup diakses secara acak (random).

Fungsi ROM :

Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa umumnya ROM dipakai untuk menyimpan firmware. Pada perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan BIOS. Pada ketika sebuah komputer dinyalakan, BIOS tersebut sanggup eksklusif dihukum dengan cepat, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpan lebih dahulu menyerupai yang umum terjadi pada alat penyimpan lain selain ROM.
Umumnya, pada media simpan lain, jikalau dihukum untuk dibaca isi atau datanya, media simpan tersebut harus dinyalakan lebih dahulu sebelum dibaca, yang tentu saja membutuhkan waktu agak lama. Hal menyerupai ini tidak terjadi pada ROM.
Pada komputer (PC) modern, BIOS disimpan dalam chip ROM yang sanggup ditulisi ulang secara elektrik yang dikenal dengan nama Flash ROM. Itulah sebabnya istilah flash BIOS lebih terkenal daripada ROM BIOS.

Jenis Jenis ROM :

Mask ROM, data pada ROM dimasukkan eksklusif melalui mask pada ketika perakitan chip. Hal ini membuatnya sangat irit terutama jikalau kita memproduksi dalam jumlah banyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal lantaran tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask gres yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang menggunakannya lagi. Aplikasi lain yang menyerupai dengan ROM ialah CD-ROM prerecorded yang familiar dengan kita, salah satunya CD musik. Berbeda dengan pendapat banyak orang bahwa CD-ROM ditulis dengan laser, kenyataannya data pada CD-ROM lebih tepatnya dicetak pada piringan plastik.
1)      PROM (Programmable Read Only Memory)
Adalah ROM yang sanggup deprogram sekali oleh programmer, selanjutnya tidak sanggup diubah kembali. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang sanggup kita aktivitas kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan sehabis itu tidak sanggup lagi diprogram.
2)      EPROM (Erasble Programmable Read Only Memory)
Adalah ROM yang sanggup dihapus dengan sinar ultra violet (dijemr dengan sinar matahari) dan sanggup deprogram kembali berulangkali. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan aktivitas kembali, tapi cara penghapusannya dengan memakai sinar ultraviolet.
3)      EEPROM (Electrically Erasable Programable Read Only Memory)
EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita sanggup mengubahdan menghapus aktivitas ROM dengan memakai teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak dipakai ketika ini


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar