Skip to main content

Konsep Mvc



Apa itu MVC ?

 

Untuk anda web developer atau web designer pengguna segala jenis PHP Framework pastilah sudah tidak aneh dengan istilah MVC. Tapi, untuk beberapa orang yang gres berkecimpung di dunia web niscaya masih gundah dengan konsep MVC.

Jadi apa itu MVC? MVC merupakan akronim dari Model, View dan Controller. Sesuai pengertian dari singkatanyya, MVC dibagi menjadi 3 lapisan instruksi yaitu :

  1. Model 

    Dalam Konsep MVC, model merupakan bab yang mengatur segala urusan yang bekerjasama dengan database.

  2. View

    Dalam Konsep MVC, view merupakan bab yang bekerjasama dengan tampilan website ke user.

  3. Controller

    Dalam Konsep MVC, controller merupakan bab yang mengatur fatwa data antara model dan view. Atau jantungnya Konsep MVC.

    Controller yakni inti MVC

    Situs Wikipedia juga mengambarkan wacana konsep MVC sebagai berikut :

    Model View Controller atau MVC yakni sebuah metode untuk menciptakan sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website yakni berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi menurut komponen utama yang membangun sebuah aplikasi menyerupai manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bab yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.


    Menurut Konsep MVC menyerupai gambar diatas, sanggup diilustrasikan sebagai berikut. Pada ketika pertama kali user merequest website ke server, maka yang akan diakses pertama kali yakni File Controller. Kemudian controller akan mengecek apakah memerlukan data dari database,

    1.  JIKA IYA, Controller akan memanggil MODEL dan file model akan melaksanakan pengolahan data pada database yang lalu data dari model akan dikembalikan atau direturnkan ke file controller. Kemudian akan controller akan mengubah data dari model tadi menjadi VIEW dan ditampilkan ke user.
    2. JIKA TIDAK, Controller akan eksklusif memanggil file view dan ditampilkan ke user.
     
Begitulah klarifikasi wacana Konsep MVC. Jika memang anda tertarik mempelajari Konsep MVC lebih dalam, sanggup dilakukan dengan mempelajari beberapa PHP Framework, menyerupai :

  1. Laravel
  2. Code Igniter
  3. Django Framework
  4. Yii Framework
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar