Skip to main content

Belajar Menciptakan Database Dengan Xampp



Database yang berarti pangkalan data atau basis data ialah kumpulan gosip yang di simpan di dalam computer secara system matik sehingga sanggup di periksa memakai suatu kegiatan co­­mputer untuk memperoleh gosip dari basis data sersebut.untuk menciptakan database kita memerlukan tools untuk menciptakan database,sebagai rekomendasi dari aku untuk sahabat yang masih newbe sebgaiknya memakai tools database xampp,Karena xampp sudah menawarkan paket komplite untuk kebutuhan database,tidak menutup kemungkinan kalau anda sudah jago kedepanya anda juga sanggup mencoba tools database lainya.Anda sanggup download di sini dan jangan lupa di install ya gan..hee


Disni aku akan menawarkan dua cara menciptakan database,yang pertaman kita akan coba menciptakan memakai cmd (command prompt) pada windows dan yang kedua memakai mengguanakan web browser.ok mari kita mulai kawan.
Membuat database memakai cmd (command prompt)
Buka terlebih dahuli xampp yang sudah anda install sebelumnya pada tombol actions klik start kalau sudah aktip tombol akan berkembang menjadi stop
 
Buka CMD pada computer anda,selanjutnya ketikan cd..  pada cmd,masukan printah cd.. nya dua kali ya teman.



Lalu ketikan cd xampp , cd mysql , cd bin dan mysql -u root



Jika berhasil akan keluar goresan pena “welcome to the MariaDB monitor”  jika xampp anda MariaDB tapi kalau xampp anda mysql akan keluar “welcome to the mysql monitor” sama saja 

Selanjutnya kita akan menciptakan databasenya.Sebagai pola disini aku akan menciptakan database karyawan dengan nama database db_karyawan, ketik “create database db_karyawan”  jika berhasil akan akan keluar Query OK .

Buat table dengan ketikan use db_karyawan; sehabis itu tekan tombol enter lalu ketikan 

Create table bolos (
->id_absen int (5),
->nik int(5),
->nama varchar(50),
->jenis_kelamin varchar(50),
->jabatan varchar(50));

Jika berhasil akan kembali muncul query ok.

Selanjutya kita akan coba mengisi data table yang barusan kita buat tadi,caranya sebagai berikut,ini kita masih memakai cmd ya teman.ketikan perintah berikut 


Insert into (id_absen, nik, nama, jenis_kelamin, jabatan) value (1, 1124, ‘tawin’, ‘laki-laki’, ’operator’);


Jika anda menginginkan lebih dari satu data anda sanggup mengulang perintah berukut yang di bedakan hanya di value nya saja.

Selanjutnya untuk melihat data yang gres kita buat,caranya ketikan perintah query select* absen;


Dan jadinya akan tampak ibarat di atas
 
Nah bagai mana,gampang bukan,selanjutnya kita akan  coba menciptakan database memakai web browser,coba anda buka web browser anda,disini aku memakai Mozilla Firefox,ketikan http://localhost/phpmyadmin ,selanjutnya ikuti langkah berikut.



Selanjutnya tekan tombol enter pada keyboard atau klik button save,oh dia sahabat kalau anda ingin menyebabkan id_absen menjadi primary key anda sanggup geser ke samping dan pada kolom index pilih primary. Untuk latihan disini aku tidak memnggunakan primary key ya,nah Kalo berhasil maka jadinya akan ibarat di di bawah ini.
 
Akhirnya simpulan juga article kali ini dengan topik Belajar menciptakan database dengan xampp,tinggal anda pilih mana yang lebih praktis dan cepat membuatnya.ok sahabat jangan lupa like panspage aku untuk update article terbaru dan jangan lupa juga klik tombol ikut di google+ nya dan komen di bawah ini. Saya tawin li,Sampai jumpa di article berikutnya.
 






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar