Skip to main content

Inilah Calon Pengganti Wifi


Setujukah anda bila teknologi Wifi di gantikan oleh yang lain ??? Wifi ketika ini sebagai salah satu solusi khususnya bagi warga Indonesia ketika sinyal Handphonenya lemot. Ketika para gamers Indonesia berbasis ponsel memuja daerah wifi gratisan, justru ilmuwan mancanegara telah membuat sebuah teknologi yang bisa menggusurkan wifi. Apakah itu ??
LIFI
Itulah namanya. Lifi yaitu internet yang dihantarkan dengan cahaya. Berikut fakta - faktanya :

1. Teknologi berbasis VLT.

Li-Fi atau Light Fidelity yaitu teknologi yang diklaim bakal menggeser Wi-Fi. Li-Fi yaitu alat komunikasi gres yang berbasis pada sistem cahaya yang terlihat. Kecepatannya jauh diatas Wi-Fi. Diperkenalkan pada 2011, teknologi ini terus dikembangkan untuk meraih kesempurnaan. Li-Fi mengkonversi pancaran cahaya lampu LED menjadi sinyal elektronik. Sinyal tersebut lalu dikonversi kembali menjadi data. Perangkat yang terhubung lalu mengirim kembali data memakai cahaya yang tak terlihat menyerupai ultraviolet atau infra-merah.

2. Internet yang memancarkan pancaran sinar

Kebutuhan merealisasikan lampu yang memancarkan internet telah dilakukan. Perusahaan Oledcomm dari Perancis, telah mulai memasarkan lampu yang memancarkan internet. Lampu tersebut diperkenalkan pada CES (Consumer Electronics Show) di Las Vegas, Januari tahun ini. Lampu tersebut yaitu : lampu dan dongle (peralatan untuk mendapatkan dan mengirim data nirkabel). Jacob Kastrenakes mencoba lampu itu, dan membuktikannya bahwa pancaran sinar lampu yang mengantarkan pula internet, benar-benar terjadi. Indikator laptop miliknya menyala hijau, yang itu berarti terdapat koneksi jaringan. Dan tanpa menginstal apapun. Woww

3. Sayangnya Tak bisa tembus dinding

Di luar kehebatan dan kecanggihan Li-Fi, ada juga kekurangannya. Kekurangan Li-Fi adalah, ia tak bisa menembus dinding. Makara yang dilakukan oleh Li-Fi yaitu pancaran internet dalam ruang lingkup lokal atau disekitar. Pun, kalau kita berbeda ruangan, kita tak bisa memakai internet super cepat ini. Sementara, Wi-Fi bisa menembus dinding dan jangkauannya juga luas. Sepertinya, Wi-Fi masih akan tetap dipakai hingga Li-Fi bisa memecahkan persoalan ini.
Semoga teknologi LIFI bisa masuk ke indonesia ya. sekian dari kami supaya bermanfaat.


Sumber https://trendjamansekarang.blogspot.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar