Skip to main content

Browser Paling Ringan Untuk Pc Atau Laptop

Jika melihat diperkembangan zaman ibarat kini ini rasanya Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok hampir seluruh umat. Dan kalau ngomongin Internet biasanya tidak lepas pula dari yang namanya aplikasi browser. Jika di Android mungkin kita sudah mengenal beberapa browser ringan ibarat google chrome dan juga uc browser. Nah dipembahasan kali kita akan membahas ihwal browser paling ringan untuk laptop atau komputer.

Sedikit bercerita ihwal pengalaman langsung saya ya gan. Saya sendiri awalnya yaitu penggemar browser Mozilla Firefox. Sekian usang saya memakai laptop renta saya yang sudah berumur kurang lebih 8 tahun, saya masih tetap memakai browser  Mozilla Firefox sebagai browser utama saya.


Sekian usang browser tersebut menemani saya untuk berselancar di Internet, entah untuk sekedar browsing, nonton youtube, dan melaksanakan acara blogging.

Namun entah mengapa beberapa waktu yang kemudian saya merasa browser ini semakin berat untuk laptop saya yang hanya mempunyai ram 2gb. Semakin hari saya semakin tidak tega dengan berat yang laptop renta saya pikul ini.

Sampai balasannya saya mencari isu di Internet ihwal browser paling ringan untuk laptop ram 2gb. Dari sekian banyak rekomendasi, Vivaldi yaitu yang yang paling banyak pula berada di urutan nomor satu.

Karena intinya saya ini tipe orang yang gampang ingin tau dan punya rasa ingin tau cukup besar. Saya coba deh install itu browser di laptop saya.

Saya melaksanakan percobaan ini di laptop acer renta saya yang punya ram 2gb dan di tenagai mata-mata hadeh. Huh jadul bener ya.

Browser Paling Ringan PC/Laptop


Nah di dalam percobaan ini saya membandingkan 4 Browser, yakni :
  1. Google Chrome (Karena penggunanya yang paling bajibun)
  2. Mozilla Firefox (Merupakan favorit admin)
  3. Vivaldi (Sebab ini yaitu yang dibilang paling ringan)
  4. Operamini (Karena saya ingat browser ini juga favorit saya dikala masih pakai nokia x2)
Percobaan yang admin lakukan yaitu :
  • Membuka aplikasi Browser
  • Mengunjungi situs google.com
  • Mengetik keyword "Miroslav Klose Wikipedia ID"
  • Memilih halaman wikipedia berbahasa Indonesia dari hasil pencarian google tersebut.
  • Membuka task manager
  • Melakukan screenshot dengan tombol prt sc sysrq

1. Google Chrome

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa browser milik Google ini merupakan browser yang penggunanya paling banyak di seluruh dunia dikala ini.

Dan hasil tes browser ini adalah, memakan ruang RAM sebanyak 194,4 MB.

2. Mozilla Firefox

Browser yang satu ini juga tak kalah mempunyai banyak pengguna di seluruh dunia. Termasuk admin juga mengakibatkan browser ini sebagai favorit admin dari admin masih main internet di warnet.

Hasil test browser ini memakan RAM sebesar 299,7 MB.

3. Vivaldi

Kalau yang satu ini yaitu browser yang paling banyak direkomendasikan sebagai browser paling ringan. Dan benar saja, browser ini hanya menghabiskan ram sebesar 173 MB.

4. OperaMini

Nah saya rasa mustahis rahanya kalau Anda tidak mengenal salah satu browser legend yang satu ini. Dan dikala dilakukan test ternyata browser ini juga cukup ringan, yakni hanya menghabiskan ram sebesar 189 MB.

Kesimpulan
Vivaldi memang browser yang sangat ringan dan cocok untuk untuk laptop atau pc dengan ram dibawah 4gb. Namun kalau Anda hanya mencari pengganti Mozilla ibarat saya, saya lebih menyarankan Anda memasang Operamini + Chrome di dalam satu perangkat.

Sebab operamini juga kaya akan fitur dan juga lebih ringan dari mozilla. Admin sendiri dikala ini telah memutuskan untuk menghapus mozilla dan menggantikannya dengan operamini. Walaupun gotong royong Mozilla masih menjadi favorit, tapi keadaanlah yang memaksa. Mungkin nanti kalau ada rezeki beli perangkat gres dengan RAM lebih besar, saya akan kembali memakai mozilla + chrome sebagai browser utama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar