Skip to main content

Cara Menciptakan Navigation Drawer Material Design Di Android Studio

Cara Membuat Navigation Drawer Material Design di Android Studio 

Ada yang ingin mencar ilmu menciptakan Aplikasi Android?, ok pada kali ini saya akan membahas wacana Android Studio dengan pembuatan salah satu fitur yang seing kita jumpai pada sebuah aplikasi bisanya fitur terseut ada si sebelah kiri dan menampilakn beberapa sajian serta diatasnya menampilkan foto yaitu Navigation Drawer.

Keunggulan Navigation Drawer sendiri memang banyak salah satu yang paling menonjol mungkin effisien terhadap layar alasannya yaitu seharunysa menampilkan sajian yang banyak serta mempercantik segala hal, misalnya seperi Navigation Drawer yang ada pada Play Store yang begitu sangat berkhasiat sekali.

Meski Android Studio telah menyediakan tampilan Navigation Drawer namun berdasarkan saya tampilan tersebut kurang bagus untuk dipakai ada baiknya dan hal bagusnya kita juga dapat membuatnya secara manual dan bahkan dapat lebih bagus tentunya. Nah buat kau pecinta Programming Android Studio dan ingin menciptakan Navigation Drawer yang keren silahkan dapat simak penjelasnaya dibawah ini.
  1. Tahap pertama silahkan buat project gres dengan nama Navigation View dan untuk nama company atau perusahaan terserah serta package namenya juga terserah.
  2. Lalu jikalau Android Studio sudah membuka 100% menyerupai menampilkan sajian dan fitur lainya silahkan masuk aba-aba dibawah ini pada file build.gradle, atau lebih tepatnya lakukan perubahan pada bagian dependencies.


  3. Lalu kini tambahkan atau atur seuah fel style.xml (res/values/styles.xml) dengan codingan dibawah ini untuk memastikan tampilan pada Activity cocok dengan library semoga tidak terjadinya force close atau error lainya.


  4. Selanjutnya atur file colors.xml (res/values/colors.xml) lebih tepatnya pada text PrimaryColor and PrimaryDarkColor menyerupai pada codingan dibawah ini.

  5. Lalau bagaimana untuk Header pada Navigation Drawer?, untuk Headernya kita buat memakai FrameLayout, silahkan buat file terlebih dahulu file bernama navigation_header.xml atau lebih tepatnya berada di res/layout/navigation_header.xml, dan masukan codingan dibawah ini. Untuk drawable sendiri tinggal arahkan saja dengan gambar yang kau simpan di folder drawable

  6. Tak lupa juga kita buat item menunya untuk ditampilkan pada body Navigation Drawer, silahkan tambahkan suah folder berjulukan sajian kemudian di dalamnya buat lagi file bernama navigation_view_items.xml, atau lebih sempurna penyimpananya menyerupai ini res/menu/navigation_view_items.xml jikalau sudah masukan codindan dibawah ini."


  7. Sementara itu untuk Activity sendiri (seperti activity_main.xml) tak lupa juga kita ubah pada bab layoutnya dengan memanggil Navigation menjadi start atau muncul di sebelah kanan, dan berikut codingan tinggal kau masukan.

  8. Sementara itu untuk bab String sebagai nama-nama dari sebuah sajian item sendiri kita dapat ubah apda file string.xml di dalam folder value. Dan tinggal masukan saja codingan dibawah ini untuk sebagai contohnya.


  9. Nahh codingan terakhir yaitu codingan untuk javanya, berkhasiat untuk memanggil Navigation Drawer untuk di tampilkan memakai toggle ataupun dapat juga mengatur perintah usai tap atau klik salah satu sajian Navigation Drawer. Silahkan edit file src/MainActivity.java.


Nahh itulah dia Cara Membuat Navigation Drawer Material Design di Android Studio dan bagiaman teman-teman yang memperaktekan ini apakah mengalami kesulitan dan tidak paham apa yang saya maksud?, untuk memperlancar untuk fixnya bila ada kesalahan silahkan saja berkomentar dengan bijak insyallah saya akan mencoba membantu teman-teman jikalau mengalami error ataupun ada pertanyaan.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan tamat kata saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar