Skip to main content

Cara Cepat Menghapus Section Break Pada Ms Word

myavitalia.com - Section Break dalam Microsoft Word merupakan sebuah tanda yang mempunyai arti sebagai bab yang dijadikan pembatas atara bab yang satu dengan bab yang lainnya, atau dengan kata lain juga sebagai sebuah jeda.

Dalam satu section break sanggup mempunyai lebih dari satu halaman, tergantung dimana seseorang meletakkan jeda atau break section tersebut antara baian yang satu dengan bab yang lainnya.


Seperti pola untuk bab Cover biasanya hanya mempunyai satu halaman untuk section break yang diberikan.

Bagian sebuah pengantar atau bab isi sanggup saja mempunyai sebuah section yang mempunyai beberapa halaman, sesuai dengan isi yang dicantumkan.

Secara tampilan norman atau pada Layout Normal View, Section break tidak nampak atau tidak terlihat. Untuk melihatnya secara jelas, kita sanggup menemukannya pada bab footer atau header di setiap halamannya. caranya dengan memperlihatkan double klik pada bab footer atau header, maka tanda section break akan muncul.

Nah, mugkin bila anda sudah memperlihatkan Section break dalam sebuah halaman, namun ternyata section break yang diberikan salah pada posisi. Sedangkan dalam tampilan atau View Print layout tidak nampak cara mnghapusnya di klik deletepun tidak bisa. Lalu bagaimana cara menghapusnya.

Kali ini, coba aku menyebarkan mengenai cara menghapus section break tersebut. Sebenarnya caranya cukup mudah. Hanya cukup mengubah tampilan Layoutnya dan fungsi delete akan berfungsi.

Namun masih banyak sebagian orang belum mengetahuinya. Untuk Lebih lengkap dan detail cara menghapusnya. Berikut langkahnya:

Cara Menghapus Section Break pada MS Word

Dalam langkah menghapus section Break kali ini, aku memakai MS Office Word 2010 untuk MS Word versi yang lainnya (MS Word 2007/2016/ 2013) sanggup menyesuaikan, alasannya ialah intinya mempunyai cara yang sama.

Langkah #1 Buka Dokumen
Langkah pertama silahkan buka dokumen yang akan dihapus section breaknya. disini aku akan contohkan menghapus section braek pertama yang memisahkan section 1 dan section 2.


Selanjutnya seilahkan tampilkan bab Footer header section breaknya dengan klik 2 kali pada bab footer atau headernya yang sanggup memperlihatkan dimana jeda atau perbatasan antara section sebelum dan sesudahnya.

Pampilan tersebut terlihat dari View Print Layout. Di posisi menyerupai ini, tidak terdapat pilihan yang harus dihapus. Garis-garis break yang ada juga tidak sanggup di select untuk di delete.

Untuk mengaktifkan fungsi delete dan menampilkan garis batas yang sanggup di hapus yaitu dengan mengubah Viewnya.

Langkah #2 Mangubah View layout
Untuk mengubah tampilan Dokumen View Layoutnya. Caranya silahkan eksklusif saja pilih Tab View===>Document View. 



Pada Document View terdapat beberapa jenis view yang akan ditampilkan menyerupai Print Layout (View default), Full Screen Reading, Web Layout, Outline dan View Draft.

Untuk memunculkan tampilan section break yang sanggup dihapus, pada  Document View kita pilih view dengan jenis Draft. View===>Document View (pilih Draft)

Langkah #3 Delete garis Section Break
Setelah layout berada dalam tampilan Document View Draft. Maka secara terang akan terlihat garis pembatas antara section sebelum dan sesudahnya.

Dalam tampilan ini, Kursor sanggup di tempatkan pada garis pembatas section break tersebut.

Untuk menghapus section break yang ditandakan dengan garis putus-putus dengan sisipan kalimat Section Break (Next Page) tersebut. 



Caranya letakkan Kursor pada garis putus-putus tersebut. kemudian tekan Tut / keypad " Delete" yang terdapat pada kewboard PS atau Laptop anda.

Dengan menekan "delete" maka secara otomatis garis pembatas yang menerangkan setion break tersebut akan hilang yang berarti, section break tersebut telah terhapus.

Selesai

Dengan demikian langkah untuk menghapus Section Break telah final dan Complit. Bila ada yang kurang jelas, silahkan berkomentar di bab kolom komentar dibawah.


Sumber https://www.myavitalia.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar