Skip to main content

Panduan Cara Install Xampp Diubuntu



XAMPP yaitu sebuah aplikasi gratis dan open source yang dibentuk oleh Apache Friend. XAMPP biasanya dipakai untuk web development atau mengerjakan sesuatu didalam area kerja yang memakai server dan database.

Banyak sekali orang yang memakai XAMPP alasannya yaitu didalam XAMPP tersebut sudah berisi dengan aplikasi-aplikasi web development menyerupai Apache dan MySQL.

Keuntungan memakai XAMPP ini yaitu kita sanggup menjalankan server (localhost) eksklusif dari komputer kita dan tanpa koneksi internet sehingga sanggup menghemat biaya dan waktu.

Selain itu didalam XAMPP juga tersedia bundle CMS(Content Management System) menyerupai Wordpress, Joomla dan drupal, bundle tersebut sanggup kita download di bitnami.org

Pada panduan kali ini aku akan mencoba menjelaskan satu-persatu tahapan dalam menginstall XAMPP didalam Operating System Ubuntu dan keluarganya.
  • Download XAMPP di www.apachefriends.org lalu pilih XAMPP for Linux sehabis itu save file XAMPP tersebut didalam folder Downloads.


    • Setelah kau jawaban mendownload file installer XAMPP tersebut, kita akan masuk ke folder download dengan cara membuka terminal dengan menekan tombol ctrl+alt+t lalu ketikkan command dibawah lalu enter.
    cd /home/usernamekamu/Downloads



    • Setelah itu kita akan mengubah permission dari file XAMPP tersebut dengan mengetik command dibawah lalu enter.
    chmod +x namafilexamppkamu.run




    • Setelah kita mengubah permission installer xampp kita, jalankan installer xampp dengan mengetik command dibawah lalu masukkan password dan enter.
    sudo ./namafilexamppkamu.run




    • Setelah itu maka akan muncul GUI installer XAMPP, silahkan install menyerupai biasa.

    • Setelah jawaban menginstal XAMPP, kita sanggup menjalankan XAMPP control panel dengan memakai command sudo /opt/lampp/manager-linux-x64.run didalam terminal, atau kita juga sanggup menciptakan GUI sehingga kita tidak perlu mengetikkan command dengan cara dibawah ini.


      Membuat GUI XAMPP Control Panel

      • Buka terminal dan masukkan command menyerupai dibawah ini, masukkan password lalu enter.
      sudo gedit  /.local/share/applications/xampp-control-panel.desktop



      • Kemudian akan muncul Text Editor yang tidak ada isinya, isi Text Editor tersebut dengan teks dibawah ini, sehabis jawaban simpan file dan tutup teks editornya.
      [Desktop Entry] Encoding=UTF-8 Name=Xampp Control Panel Comment=Start or Stop XAMPP Exec=gksudo python /opt/lampp/share/xampp-control-panel/xampp-control-panel.py Icon=/opt/lampp/htdocs/favicon.ico Categories=Application;Development;Web Version=1.0 Type=Application Terminal=0




      • Sekarang kita sudah sanggup membuka GUI dari XAMPP Control Panel dari menu.


        Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
        Buka Komentar
        Tutup Komentar