Skip to main content

Penyebab Berpengaruh Hafalan Dan Lupa

بسم الله الرحمن الرحيم

Bagi seorang santri atau pelajar tentu menginginkan gampang untuk menghafal pelajaran, berpengaruh hafalan dan tidak gampang lupa. Dalam kitab Ta'lim Muta'allim dijelaskan ada beberapa yang menjadi kuatnya hafalan serta penyebab lupa. Berikut rinciannya :

Penyebab Praktis Hafal

1. Sungguh-sungguh dan terus-menerus dalam belajar, mengulang-ngulang pelajaran, alasannya hafalan akan berpengaruh kalau sering diulang-ulang.

2. Menyedikitkan makan, artinya jangan terlalu banyak makan, sering berpuasa itu tentu lebih baik. Jika kebanyakan makan akan banyak minum, banyak makan tentu banyak tidur, dari banyak makan dan tidur mengakibatkan banyak dahak, dahak inilah yang menjadi penyebab lemahnya hafalan.

3. Perbanyak shalat malam ibarat Tahajjud.

4. Perbanyak membaca Al-Qur'an, alasannya tidak ada sesuatu yang dapat menambah kuatnya hafalan daripada membaca Al-qur'an dengan melihatnya. Rasulullah SAW bersabda :

أفضل أعمال امتي قراءة القران نظرا

Amal-amalan yang paling utama dari umatku ialah membaca Al-Qur'an dengan dilihat.

5. Ketika mengambil kitab atau buku maka ucapkan

بسم الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم العزيز الحكيم عدد كل حرف كتب ويكتب ابد الابدين ودهر الداهرين

6. Setiap selesai shalat Fardu ucapkan

امنت بالله الواحد الأحد الحق وحده لا شريك له وكفرت بما سواه

7. Memperbanyak membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, alasannya Nabi Muhammad SAW ialah rahmat bagi seluruh alam, dengan berkahnya shalawat kepada beliau, kita mengharapkan kepada Allah turunnya rahmat, kuatnya hafalan dan hilangnya lupa.

8. Menjauhi perbuatan ma'siat / dosa. Karena hafalan itu merupakan anugerah dari Allah, sedangkan anugerah Allah tidak akan diberikan kepada orang yang ma'siat.

9. Siwak.

10. Meminum madu.

11. Memakan kandar dengan gula

12. Memakan 21 buah kismis merah setiap hari saat lapar.

13. Jangan beingung dan murung dengan urusan dunia. Karena resah dengan urusan dunia akan menciptakan hati menjadi gelap, sedangkan bigung dengan urusan alam abadi akan menciptakan hati menjadi terang
Bagi seorang santri atau pelajar tentu menginginkan gampang untuk menghafal pelajaran PENYEBAB KUAT HAFALAN DAN LUPA
Itulah di antara yang menjadi penyebab gampang hafal, untuk penyebab lupa tentu kebalikan dari itu semua. Namun dalam kitab Ta'lim disebutkan pula beberapa penyebab lupa, di antaranya :

1. Memakan ketumbar basah
2. Memakan buah apel yang masam
3. Melihat salib
4. membaca goresan pena yang ada di kerikil nisan kuburan
5. Melewati di antara kerumunan unta
6. Mambuang kutu yang masih hidup ke tanah
7. Bekam pada serpihan lekuk-lekuk tengkuk kepala.

Sumber https://www.alkaukabiyah.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar