Skip to main content

Install Nginx Source Di Centos 7


Install nginx Source di CentOS 7 - Nginx merupakan sebuah HTTP Server berbasis Open Source yang sangat power full. Di indonesia sudah banyak perusahaan besar yang memanfaatkan nginx sebagai Frontend atau Backend pada environtment production mereka. Pada berberapa artikel kedepan www.dimasrio.com akan mencoba mengulas seputar nginx sebab fiturnya yang menarik. Di artikel kali ini aku akan mulai dengan cara setup web services menggunakan nginx source di centos 7.

Baca Juga:
Setup High Availability Web Services Menggunakan Docker HAProxy
Install Nginx PHP-FPM Docker Compose  

Install Nginx Source di CentOS 7

Sebelum teman melaksanakan installasi pada mesin centos anda, teman perlu menginstall berberapa packages depedencies untuk mendukung proses compile source.
yum install gc gcc gcc-c++ pcre-devel zlib-devel make wget openssl-devel libxml2-devel libxslt-devel gd-devel perl-ExtUtils-Embed GeoIP-devel gperftools gperftools-devel libatomic_ops-devel perl-ExtUtils-Embed
Buat user untuk nginx.
adduser nginx 
Selanjutnya download dan extract source, pada pola kali ini aku akan memakai versi nginx v1.12.2 stable.
wget http://nginx.org/download/nginx-1.12.2.tar.gz
tar -zxvf nginx-1.12.2.tar.gz
cd nginx-1.12.2
Compile nginx dengan berberapa module yang dibutuhkan. Nginx secara default sudah menyertakan berberapa module yang akan terinstall akan tetapi ada juga berberapa module yang secara default tidak terinstall. Kaprikornus kalau teman ada kebutuhkan pada module tertentu pastikan menyertakan argument pada ketika configure source.
./configure --prefix=/opt/nginx  --pid-path=/var/run/nginx.pid --error-log-path=/var/log/nginx/error.log --http-log-path=/var/log/nginx/access.log --user=nginx --group=nginx --with-threads --with-file-aio --with-http_sub_module --with-http_geoip_module --with-http_dav_module  --with-stream --with-http_v2_module
Pada proses di atas, aku mengaktifkan berberapa module ialah threads, file-aio, http_sub_module, geoip, webdav, stream, dan httpv2.

Selanjutnya install dengan perintah berikut.
make
make install
Secara default nginx akan berada pada direktory /opt/ sebab pada proses configure kita menyertakan prefix dimana kita akan menginstall nginx.

Start service nginx dengan perintah berikut.
/opt/nginx/sbin/nginx -c /opt/nginx/conf/nginx.conf
Stop service nginx.
/opt/nginx/sbin/nginx -s stop
Demikian tutorial nginx singkat kali ini mengenai install nginx source di centos 7. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba.!!!
Sumber http://www.dimasrio.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar