Skip to main content

Konfigurasi L2tp/Ipsec Vpn Di Mikrotik

Konfigurasi L2TP/IPSec VPN di Mikrotik - Hallo sahabat oprekers, pada artikel sebelumnya ipsec tunneling. Disini aku akan melanjutkannya dengan konfigurasi l2tp/ipsec vpn di mikrotik. Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) merupakan sebuah jenis vpn perkembangan dari PPTP yang memanfaatkan layer 2 forwarding. L2tp sendiri tidak dilengkapi dengan security menyerupai paket data enkripsi, akan tetapi di mikrotik kita dapat memadukan l2tp dan ipsec sehingga jalur vpn menjadi lebih aman.

Baca Juga :
Konfigurasi VRF di Mikrotik
BGP Confederation di Mikrotik
Pada  teladan kasus kali ini masih sama dengan sebelumnya, ialah dengan menghubungkan kantor cabang (branchoffice) ke kantor sentra (backoffice). Tidak hanya interkoneksi antar mikrotik, akan tetapi device lainnya juga sudah mendukung vpn jenis ini menyerupai Windows ataupun iPhone. 


Untuk mempermudah pembahasan kita kali ini, Berikut video tutorial konfigurasi l2tp/ipsec vpn di mikrotik dari topology di atas.



Demikian tutorial mikrotik indonesia kali ini mengenai Konfigurasi L2TP/IPSec VPN di Mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!

Sumber http://www.dimasrio.com/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar