Skip to main content

Cara Gampang Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terdeteksi

Forumkomputer.com | Beginilah Cara Praktis dan Simpel Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terdeteksi - Saat ini, penggunaan mouse wireless sudah semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Karna mouse wireless ialah salah satu jenis mouse komputer yang memperlihatkan keleluasaan kepada penggunanya untuk mengklik dan melaksanakan scroll halaman dokumen atau website tanpa terganggu dengan kabel yang terbelit atau berantakan. Walaupun praktis, harga mouse wireless biasanya lebih mahal daripada mouse biasa yang memakai kabel. Namun, hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk membeli mouse wireless.

Fungsi mouse wireless pastinya sama dengan fungsi mouse pada perangkat komputer. Perbedaan antara mouse biasa dengan mouse wireless ialah adanya perangkat yang berfungsi sebagai Receiver (penerima) dan Transmitter (pemancar). Transmitternya ialah mouse itu sendiri, dan Receivernya ialah Dongle yang dihubungkan ke port USB komputer atau laptop. Tentu saja, sebagai perangkat wireless, kelebihan dan kekurangan jaringan wireless juga dimiliki oleh mouse wireless.

Beginilah Cara Praktis dan Simpel Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terdeteksi  Cara Praktis Memperbaiki Mouse Wireless Yang Tidak Terdeteksi


Lalu, pada suatu saat, sanggup saja mouse wireless Anda tiba-tiba tidak terdeteksi. Padahal mouse wireless telah dinyalakan dan dongle telah dihubungkan ke port USB. Dan masih banyak lagi penyebab mouse wireless tidak berfungsi ibarat berikut ini:

  • Penerimaan sinyal Mouse Wireless rusak.
  • Baterai habis.
  • Driver mouse wireless belum terinstal dengan baik.
Lalu bagaimanakah cara memperbaiki Mouse wireless yang tidak terdeteksi? berikut ini informasinya:

1. Lepas Pasang Dogle Mouse Wireless

Kalian sanggup mencoba untuk melepas dongle atau peserta sinyal dari mouse wireless. Lalu sesudah beberapa saat, Anda sanggup kembali memasangkan dongle tersebut ke port USB di komputer atau laptop Anda. Cara ini biasanya berhasil pada perangkat yang tiba-tiba hilang komunikasi, termasuk untuk mouse yang ada kabelnya.

2. Ganti Baterai

Jika masalahnya hanya gara-gara baterai pada mouse wireless yang sudah habis, yah Anda tinggal mengganti baterainya dengan baterai yang baru. Patut diperhatikan, baterainya yang gres yah, bukan baterai bekas ataupun baterai yang sudah dijemur di bawah terik matahari. Karena hal tersebut tidak akan banyak membantu, alasannya ialah baterai-baterai tersebut biasanya sudah mempunyai nilai tegangan yang rendah.

3. Instal ulang driver Mouse Wireless

kalau kalian tidak benar menginstal driver dari mouse wireless, Kalian masi sanggup ulang mengisntal driver untuk mouse wirelessnya. berikut cara menginstal driver mouse wieless :

  1. Hubungkan dongle mouse wireless Anda ke port USB laptop atau komputer Anda.
  2. Buka Start Menu
  3. Klik kanan pada “My Computer” atau “Computer” (untuk Windows 7 ke atas)
  4. Pilih “Properties”, kemudian pada kolom yang muncul, pilih “Device Manager”
  5. Selanjutnya akan muncul jendela Device Manager. Pada jendela tersebut, periksa pada potongan “Universal Serial Bus Controller” apakah terdapat tanda seru berwarna kuning atau tidak.
  6. Jika tidak, berarti mouse wireless Anda sudah terdeteksi. Apabila ternyata jawabannya iya, itu artinya driver USB atau driver mouse wireless Anda bermasalah.
  7. Untuk memperbaikinya, instal ulang driver USB pada komputer atau laptop Anda serta instal ulang driver mouse wireless Anda. Biasanya, sesudah melaksanakan langkah ini, mouse wireless Anda sanggup kembali terdeteksi di komputer atau laptop Anda.
Nah itu ia cara gampang memperbaiki mouse wireless yang tidak terdeteksi. kalau kalian menyukai artikel ini jangan lupa tekan share dan kalau kalian resah dengan artikel ini berilah komentar dibawah ini. Terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar