Skip to main content

Cara Pindah Activity Ke Activity Lain Di Android Studio

Cara Pindah Activity ke Activity Lain di Android Studio

Ada yang mau mencar ilmu Android Studio?, mari kita mencar ilmu sama-sama pada kali ini saya admin belajarngulik mau ngasih sebuah tutorial bagaiman kita melaksanakan perpindahan dari 1 Activity ke Activiy lain misalnya ketika kita melaksanakan Action pada sebuah object atau apapun maka secara otomatis kita akan di pindahkan ke Activity lainya atau lebih simple jelasnya menyerupai dari MainActivity ke SecondActivity.

Hal atau cara tersebut kita dapat melakukanya dengan melaksanakan perintah atau memanfaatkan sebuah Intent kemudian kita implementasikan menjadi perpindahan Layout ataupun Activity. Untuk lebih terang mengenai hal tersebut kau dapat silahkan simak klarifikasi cara codinganya dan lain-lain dibawah ini.
  1. Hal utama yang harus kita lakukan tentunya menciptakan projek gres bila kau merupakan benar-benar pemula dalam bermain Android Studio dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya dapat simak penjelasan Cara Membuat Aplikasi Android dengana Android Studio.
  2. Lalu untuk layout Main Activity sendiri kita kasih codingan sepeti dbawah ini, layout tesbeut saya kasih object Button untuk sebagai pola saja nanti pada ketika kita tap button tersut kita akan berpindah ke Activity lain. Silahkan kau dapat copas saja codingan dibawah dan pastekan di Android Studio kamu.
    activity_main.xml

  3. Selanjutnya kita lanjutkan dengan menciptakan sebuah Activity gres dengan cara klik kana pada folder Layout --> New --> Activity dan tinggal pilih saja Blank Activity. Atur codingan pada file layout xml Second Activity tersebut menyerupai dibawah ini.
    second_activity.xml

  4. Tahap ke 4 ini paling wajib dan paling penting bagaimana kita akan memasukan sebuah perintah Intent pada implementasi OnClickListener pada sebuah Button atau tombol dan codingan intentnya menyerupai ini:


    Ataupun untuk lebih lengkapnya pada codingan Java Main Activity menyerupai dibawah ini:
Nahhh sesudah itu tinggal Run saja aplikasinya dan kalau terjadi Error silahkan pastikan saja codnganya sudah sama atau belum dengan yang saya tampilkan pada artikel ini dan untuk lebih jelasnya codingan Second Activity menyerupai ini:
SecondActivity.java

Sementara itu untuk isi file Manifest sendiri:
AndroidManifest.xml


Sebenearnya tidak ada perlu codingan yang terjadi pada file Manifest ataupun java pada second Activity tetapi hanya memastikan bagi kalian yang mau mempeaktekan tutorial ini, sementara itu kalau teman-teman butuh Source Code simpelnya dari projek ini silahkan dapat download saja disini.

Nahh itulah beliau Cara Pindah Activity ke Activity Lain di Android Studio dan bagiaman teman-teman yang memperaktekan ini apakah mengalami kesulitan dan tidak paham apa yang saya maksud?, untuk memperlancar untuk fixnya bila ada kesalahan silahkan saja berkomentar dengan bijak insyallah saya akan mencoba membantu teman-teman kalau mengalami error ataupun ada pertanyaan.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan selesai kata saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar