Skip to main content

Menulis Laporan Pengamatan Untuk Kelas 5 Sd

Menulis laporan merupakan acara menulis menurut hasil pengamatan atau kunjungan Menulis Laporan Pengamatan untuk Kelas 5 SD


Menulis laporan merupakan acara menulis menurut hasil pengamatan atau kunjungan. Sebelum menulis laporan mestinya kau harus memerhatikan langkahlangkah berikut ini.

1. Melakukan Kunjungan atau Pengamatan di Suatu Tempat
Misalnya, kau akan mengarang dengan tema ’pertanian’ akan lebih pas jikalau kau melaksanakan pengamatan ke sawah. Bertanyalah kepada orang-orang yang bergelut dalam hal pertanian (petani, pedagang obat tanaman, atau daerah penggilingan padi, dan sebagainya.) Kalau perlu lakukan acara berwawancara. Tanyakan hal-hal yang belum kau ketahui!

2. Mencatat Hal-hal Penting yang Terjadi di Tempat Kunjungan

Catatlah hal-hal penting dari hasil wawancara atau pengamatan. Maksudnya, apa yang kau lihat atau apa yang kau dapatkan dari klarifikasi narasumber kau tulis dalam buku.

3. Menulis Laporan Berdasarkan Catatan (Konsep)

a. Tulislah laporan dengan dasar catatan yang telah dibuat.
b. Bacalah berulang-ulang goresan pena laporan tadi.
c. Gantilah kalimat yang belum baik.
d. Bacalah untuk temanmu atau gurumu.
e. Mintalah masukan atau saran untuk kelengkapan tulisanmu!

4. Memperbaiki Tulisan Berdasarkan Masukan dari Teman atau Gurumu

Agar laporanmu sempurna, lakukan perbaikan sesuai masukan sobat atau guru!

5. Menulis Laporan Hasil Pengamatan atau Kunjungan dengan Benar (Final)

Laporan ditulis menurut hasil pengamatan atau kunjungan dengan benar. Tulislah dengan terang dan tapi. Perhatikan ejaan, tanda baca, dan kalimat efektif.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar