Skip to main content

Cara Gampang Cek Kerusakan Tombol Keyboard

Cara Praktis Cek Kerusakan Keyboard-Keyboard merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang fungsi cukup vital, meski tanpa keyboard, komputer atau laptop masih sanggup menyala akan tetapi tanpa adanya sebuah keyboard menciptakan kita akan kesulitan ketika akan mengetik atau melaksanakan aktifitas lainnya yang berafiliasi dengan keyboard.

Sama ibarat halnya komponen-komponen komputer lainnya, keyboard juga mempunyai masa atau jangka waktu yang suatu ketika akan mengalami kerusakan, kerusakan pada sebuah keyboard sanggup mengganggu aktifitas komponen lainnya pada sebuah komputer atau laptop.

Lalu bagaimana cara mengecek apakah keyboard yang kita gunakan masih normal atau sudah mengalami kerusakan terutama pada tombol-tombolnya.

Cara Cek Keruskaan Tombol Keyboard Laptop atau Komputer.

1. Silahkan teman buka website keyboardterter.com, kemudian klik "Launch the Tester" untuk memulai.
Keyboard merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang fungsi cukup v Cara Praktis Cek Kerusakan tombol Keyboard

2. Kemudian coba satu persatu huruf atau angka untuk mengecek tombol keyboard rusak atau masih berfungsi, jikalau tidak rusak maka akan ada suara serta akan diberi kotak hijau. Perhatikan keypad "Delete" diberi kotak hijau artinya masih berfungsi.

Keyboard merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang fungsi cukup v Cara Praktis Cek Kerusakan tombol Keyboard

Catatan :

  • Untuk menguji keypad numerik pastikan tombol Num Lock ON.
  • Keyboard tester tidak sanggup membedakan antara duplikat kunci (Shift, Ctrl, Alt, Enter) sehingga harus dicek satu persatu.


Penyebab keyboard laptop rusak.
  • Biasanya terjadi alasannya lapisan tembaga diantara kedua permukaan lembab atau terlalu melekat yang menjadikan kedua lapisan yang seharusnya akan melekat jikalau tombol ditekan. Pada keyboard tester jikalau hal ini terjadi maka akan suara terus menerus berbeda dengan tombol normal yang hanya sekali bunyi.
  • Adanya abu yang berlebihan pada tombol akibat  tidak pernah dibersihkan.
  • Terlalu sering bermain game memakai tombol tertentu untuk mengontrol game, sebaiknya gunakan keyboard eksternal.

Cara merawat keyboard laptop.
  • Buka semua tombol keyboard memakai obeng kecil sebaiknya perhatikan posisi setiap tombol keyboard kemudian pisahkan karetnya.
  • Ambil kuas atau cotton bud mulailah membersihkan dengan kuas namun jikalau memakai cotton bud (korek kuping) beri sedikit air untuk membersihkan abu kemudian diangin anginkan. Atau sanggup juga dengan spon yang diberi detergen.
  • Bagian karet basuh dengan air hangat kemudian keringkan
  • Setelah semua proses beres pasang kembali tombol tombol tersebut sesuai dengan urutan huruf dan huruf pada papan keyboard.


Selamat mencoba, biar bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar