Skip to main content

Cara Menciptakan Custom Obrolan Box Programmatically Di Android Studio

Cara Membuat Custom Dialog Box Programmatically di Android Studio

Dialog merupakan sebuah fitur pelengkap yang cukup penting padsa sebuah aplikasi Android, mempunyai kegunaan sebagai salah satu memperlihatkan pesan peringatan ataupun dapat juga pada jaman kini sudah mulai dipakai untuk sebuah Form Login untuk sebuah user.

Pembuatan Dialog tersebut pada umumnya hanya menampilkan tampilan yang simple dan terkadang mungkin tidak menarik untuk kita lihat, dan yang paling kita sering dipakai untuk melaukan pembatalan data atau file untuk sebuah konfirmasi pembatalan tersebut.

Nah bagaimana kita mengubah tampilan Dialog tersebut menjadi lebih anggun dan lebih yummy jikalau kita lihat menyerupai menambahkan animasi ataupun juga hal lainya?, caranya kita dapat memakai Custom melaksanakan pemanggilan activity layout sendiri tetapi juga hal terseut dapat menciptakan aplikasi kita akan tampak lebih berat alasannya yaitu banyak file yang harus dibentuk serta size atau ukuran aplikasi nantinya juga akan membesar.

Lalu bagaima ya jikalau kita ingin menciptakan Diaglog Box yang menarik dan aplikasi nanti yang kita buat nanti tidak akan besar?, solusinya yaitu kita dapat memakai pembuatan tersebut dengan codingan atau secara Programmatically, lah emang bisa?, tentu saja dapat hal ini di bolehkan tentunya oleh Android Studio sendiri dan mungkin maksud di boleh kanya juga yaitu dengan tujuan hal tersebut.

Ok dah eksklusif saja buat teman-teman yang merasa ketika ini sedang berlajar Android Studio dan ingin mencoba atau memperaktekan Cara Membuat Custom Dialog Box secara Programmatically untuk lebih terang dan lengkapnya kau dapat eksklusif saja simak dibawah ini ya.
  1. Hal utama teman-teman dapat lakukan yaitu silhakan menciptakan projek gres saja khusus untuk memperaktekan trik ini apakah berhasil atau tidak. Silahkan beri nama projek tersebut terserah teman-teman atau juga dapat memberi namanya Custom Dialog Box Programmatically.
  2. Lalu kita membutuhkan sebuah Button untuk menampilkan sebuah Dialog tersebut supaya dapat tampil, jadi pada ketika kita tap Button nantinya Dialog tersebut akan muncul dan menampilkan seebuah pesan, maka codingan XML pada file Main Activity menyerupai dibawah ini.

    activity_main.xml

  3. Selanjutnya kita melanjutkan pada file javanya, atau file tersebut biasanya bernama MainActivity.java dan kita berikan sebuah codingan atau method show Dialog menyerupai ini.

    Method tersebut sudah berisi codingan bagaiman kita menciptakan sebuah Button dan juga sebuah pesan dengan menggunak TextView dan penempatanya juga sudah diatur. Jika teman-teman kurang mengerti pada codingan tersebut silahkan dapat perhatikan saja menyerupai codingan TextView title = new TextView(this); merupakan pembuatan TextView.
  4. Dan untuk pemanggilan methodnya (tahap no 3) nanti kita tinggal panggil saja methodnya dengan cukup ketikan openDialog(); tepatnya di bab onClickListerner pada sebuah Button. Atau untuk lebih jelasnya menyerupai ini action pada sebuah Button.


Bagamana pusing?, wajarlah biasa dalam mencar ilmu untuk lebih jelasnya bagaimana kita tampilan atau codingan lengkap dari file Javanya sendiri silahkan kau dapat eksklusif saja cek dibawah ini tinggal di copas saja dan jangan hingga lupa juga samakan packnamenya dengan projek kau tersebut.
MainActivity.java


Buat teman-teman yang merasa gundah dalam memperaktekan tutorial ini silahkan berkomentar untuk bertanya dan jangan sungkan sementara yang mendapat pesan Error pada codinganya jangan sungkan juga untuk bertanya pada kolom komentar, saya admin belajarngulik akan mencoba membatu sebisa mungkin alasannya yaitu kita sama-sama belajar.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan selesai kata saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar